Beginilah Enaknya Hidup Di Brunei Darussalam

WHAT`S UP
mading
Photo: Istana Brunei Darussalam

LAKEYBANGET.COM - Brunei Darsussalam memang sudah terkenal, merupakan negara yang sejahtera. Banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja disana, termasuk juga masyarakat awam yang telah mendengar kabar angin tentang fasilitas yang disediakan Pemerintah Brunei untuk masyarakatnya. Nah, agar tidak menghayal, ini nih yang dilakukan pemerintah Brunei untuk masyarakatnya

Sekolah dan kuliah gratis plus uang bulanan

 photo elite-5_zpsvyckp9w4.jpg

Di Brunei, tiap warganegara yang mengenyam pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi tidak pernah dipungut biaya, akan tetapi justru diberikan uang saku dan uang transportasi oleh negara. Negara tiap bulan memberikan uang transport 45 dolar Brunei atau sekitar Rp 450 ribu bagi siswa menengah. Untuk perguruan tinggi di Brunei, juga gratis, dan mahasiswa memperoleh uang bulanan sebesar 400 Ringgit atau sekitar Rp 4 juta perbulan (Kurs 1 Ringgit = Rp 10 ribu).

Uang saku kuliah diluar negeri ditanggung

 photo borneobulletin.com.bn_zpsgdvyja0u.jpg

(Sumber: borneobulletin.com.bn)

Yang ini tentunya sangat diidam-idamkan oleh mahasiswa dari Indonesia. Mahasiswa Brunei yang studi di luar negeri, misalnya di Inggris, Pemerintah Brunie menanggung uang transport tiap bulan sebesar 1.000 poundsterling. Sementara yang kuliah di kawasan ASEAN memperoleh uang transport 1.200 ringgit per bulan. Namun memang, setiap sarjana diminta untuk mengabdi kepada negara setelah pulang dari pendidikan tersebut. Di Indonesia kapan ya?

Nggak perlu ribet ngurus dan bayar jaminan kesehatan, karena negara telah menjamin

 photo www.bt.com.bn_zpsmqgs2eg2.jpg

(Sumber : www.bt.com.bn)

Pemerintah Brunei memang sangat sayang kepada rakyatnya, rakyat Brunei yang sakit dan dirawat di rumah sakit, semua pembiayaan dibebaskan oleh RS karena Pemerintah yang menanggung Jika menurut pendapat rumah sakit, sipasien harus dirujuk ke rumah sakit asing, maka negara menanggung seluruh pembiayaan itu. Negara masih menjamin pembiayaan satu orang pendamping pasien mulai dari biaya perjalanan, penginapan, biaya pengobatan, hingga biaya makan dan minum. Huaaaa pengeeennn..

Punya mobil? jalan aje, minyak pemerintah tanggung

 photo IMG_0258aaa_zpshddtsmin.jpg

(Sumber:supermengmalaya.blogspot.com)

Pemerintah Brunei memang memanjakan rakyatnya, sampai ke kendaraan roda empat milik warganya pun ditanggung. Wuih, dahsaytnya Pemerintah memanjakan masyarakatnya yang berjumlah 400an ribu jiwa itu.