Tips Cara Meningkatkan Kembali Performa Android Anda

WAGON
#Om GeMeS
Photo: androidboost

LAKEYBANGET.COM - Perangkat Android memiliki kecenderungan akan menjadi lambat seiring berjalannya waktu dan intensitas pemakaiannya. Penggunaan berkepanjangan juga dapat menurunkan performa perangkat secara signifikan. Apa sebabnya? Sebenarnya penyebabnya banyak, mau tau apa penyebabnya? Nah tips LakBan ini akan membahas cara meningkatkan performa perangkat Android kamu yang mulai melambat seiring lamanya penggunaan. Cekidot!!

Uninstall atau nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan

Salah satu keunggulan Android adalah, kamu dapat menemukan jutaan aplikasi gratis yang bisa membuat kamu tertarik untuk menginstallnya. Kebanyakan dari kamu tidak berfikir dahulu seberapa penting aplikasi yang akan kita install. Sehingga tanpa kamu sadari aplikasi yang terinstal di smartphone kamu sudah banyak dan memenuhi memori dari smartphone kamu.

Hal ini tidak akan menjadi masalah bagi pengguna perangkat Android yang memiliki ruang penyimpanan yang besar, namun bagi pengguna dengan kapasitas memori pas-pasan, tentu ruang penyimpanan internal sangatlah berharga.

Apalagi jika aplikasi yang tidak jelas kegunaannya kadang berjalan di latar belakang system, sehingga kita tidak mengetahui aplikasi apa saja yang menghabiskan kapasitas memori dan juga baterai secara terus menerus karena aplikasi yang berjalan dilatar belakang juga memerlukan kinerja CPU. Kamu bisa menggunakan aplikasi manajer yang ada di dalam pengaturan atau tekan icon aplikasi yang ada di home screen atau app drawer beberapa detik, setelah itu anda bisa menariknya ke pilihan uninstall.



Bersihkan cache dan data

Jika kamu belum mengetahui apa itu cache, cache berfungsi untuk mempercepat kinerja perangkat, karena cache menyimpan data sementara dari aplikasi tersebut secara lokal sehingga sistem dapat mengurangi waktu loading dan mengurangi kebutuhan mengambil byte memori yang sama dari internet setiap kali kamu mengakses aplikasi tersebut. Nah, masalahnya banyaknya cache pada setiap aplikasi yang kamu install dapat menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan internal smartphone kamu. Cobalah menghapus cahce tersebut setiap dua hari sekali agar cache tidak menumpuk di penyimpanan internal yang dapat mengurangi performa Android kamu. Cara membersihkannya cukup mudah, banyak aplikasi pembersih yang tersedia secara gratis di Play Store, salah satunya adalah Clean Master

Sedangkan data merupakan data yang berisi antara lain data informasi akun, save game dan berbagai hal lainnya dimana jika menghapus data pada aplikasi tersebut, maka saat kita membuka aplikasi tersebut kita harus melakukan pengisian data akun kita kembali. Cara membersihkan data yaitu kita harus masuk ke pengaturan aplikasi tersebut.

 photo URSafe_zpspvsipyee.jpg

Bersihkan ruang penyimpanan internal

Mengisi memori internal dengan banyak musik, foto, maupun video juga dapat menurunkan performa perangkat Android kamu, bahkan . Jadi, bijaklah dalam menggunakan memori internal, jagalah memori internal perangkat android agar tetap lega, bagaimana caranya? Caranya yaitu pilih file apa saja yang ada pada memori internal lalu pindahkan file-file tersebut ke dalam memori eksternal. Itu bisa dilakukan melalui aplikasi file ekplorer yang ada pada perangkat kamu, atau bisa juga menggunakan aplikasi file eksplorer pihak ketiga.

Jika kamu ingin file file tersebut pindah secara otomatis, kamu bisa menggunakan aplikasi “URSafe Media Redirector Pro”, dengan aplikasi ini hanya perlu memasukkan directory tempat asal file dan directory tempat file itu akan dipindahkan. Tanpa harus melakukan root terlebih dulu.

Singkirkan Widget dari home screen

Widget memanglah sangat menarik, tak hanya interaktif, fungsi widget juga dapat mempercantik home screen perangkat Android kamu. Tapi widget juga dapat bisa menguras daya baterai dan memori, serta dapat memperlambat perangkat android kamu karena widget juga memerlukan ruang di memori RAM dan kinerja dari CPU. Tapi bukan berati kita harus menyingkirkan semua widget, gunakan widget sesuai kebutuhan utama Anda, semisal widget cuaca dan kalender yang Anda butuhkan untuk mendapatkan info secara praktis. Selain itu singkirkan atau nonaktifkan widget tersebut.

Matikan Live Wallpaper

Satu lagi fitur untuk mempercantik tampilan smartphone atau perangkat android kamu. Dengan menghadirkan wallpaper yang interaktif, live wallpaper juga dapat mempercantik tampilan perangkat Android Anda. Namun perlu digaris bawahi, penggunaan live wallpaper memakan kinerja CPU dan RAM yang cukup tinggi, ini juga dapat berpengaruh terhadap daya tahan baterai yang semakin cepat terkuras. Jadi cobalah matikan fitur live wallpaper dan gantilah dengan wallpaper biasa yang masih menarik.



Update selalu perangkat Android kamu

Apakah kamu sering mendapatkan notifikasi pembaruan software atau software Update? Atau kamu justru sering mengabaikan pembaruan software walaupun notifikasi sering muncul di status bar kamu? Pembaruan software tidak selalu melulu membawa fitur baru, kebanyakan dari pembaruan software melalui OTA (Over The Air) tersebut adalah memperbaiki bug atau kelemahan-kelamahan pada software terdahulu dan meningkatkan kinerja perangkat Android. Jadi, pastikan perangkat Android kamu selalu mendapatkan software yang terbaru alias update.

Mengembalikan ke pengaturan pabrik (factory data reset)

Nah ini dia sobat LakBan cara terakhir yang bisa kalian tempuh, Jika tips-tips diatas tetap tidak memberikan peningkatan performa terhadap perangkat android kamu, pilihan terakhir untuk mendapatkan kembali performa seperti pertama kali kamu menggunakan perangkat androidmu adalah dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik atau factory data reset. Namun perlu diingat, bahwa melakukan factory data reset pada perangkat Android akan menghapus seluruh data pada perangkat, termasuk aplikasi, kontak, dan lain-lain. Jadi, pertimbangkan kembali jika kamu ingin melakukan factory data reset. Jika kamu sudah mempertimbangkannya dan tetap ingin melakukan reset, maka yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah, “BACKUP”, yup, backup data kamu ke memori eksternal atau ke Komputer.

setelah kamu backup, kamu cukup masuk ke Setting > Privacy > Factory Data Reset

atau bisa juga masuk ke Recovery Mode, bagaimana caranya? Karena tiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda untuk masuk ke Recovery Mode, maka kamu bisa melakukan pencarian dengan keyword “Cara masuk Recovery Mode + merk dan seri perangkat milik kamu”. Hehehe

Semoga tips diatas bisa membantu masalah kamu.