Wisata Kuliner di Solo ala LakeyBanget

WAGON
#dELiciOuS
Photo: LAKEYBANGET.COM

LAKEYBANGET.COM - Kota Solo atau disebut juga Surakarta adalah sebuah kota berlokasi strategis di provinsi Jawa Tengah. Karena lokasinya yang strategis dan berada di tengah-tengah jalur darat, kota Solo ramai dikunjungi orang yang dalam perjalanan menuju kota lain untuk singgah sejenak. Selain untuk tempat singgah, Solo juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata kuliner, karena mempunyai beberapa tempat kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Nah kuliner apa saja yang bisa kamu kunjungi dan nikmati ketika kamu pergi ke Solo? Cekidot

Kamu bisa pergi ke tempat Wedangan ala Cafe



(photo by mas-ja.com)

Wedangan adalah salah satu ikon yang tak bisa lepas dari kota solo. Sebutan Wedangan, atau angkringan, atau hik-hikan, merujuk pada sebuah aktifitas berjualan di malam hari. Yang dijual di tempat itu adalah makanan dan minuman (wedang) seperti wedang jahe, teh, wedang jeruk, makanan ringan berupa nasi kucing (nasi bungkus), tempe goreng, jadah, aneka sate, keripik, lentho, dan aneka makanan olahan lainnya.



(photo by mas-ja.com)

Di Solo tempat wedangan sangat banyak mulai dari kaki 5 sampai dengan cafe. Salah satu wedangan ala cafe yaitu Wedangan Cangkir Blirik dengan suasana Solo tempo dulu, yang menyediakan menu tradisional khas wedangan yaitu , nasi kucing, nasi teri dan nasi oseng dengan sambelnya yg nyamleng, nasi dari beras berkualitas yg selalu panas dengan proses memasak dikaru/ di adang dengan menggunakan arang ( cara memasak eyang kita dahulu ), Iauk dengan beraneka macam sundukan ( tusukan ) ada sate kikil, kerang, wader, tahu / tempe bacem, jadah bakar, klepon dll, disertai dengan minuman khas yaitu Teh Cabli ( cangkir birik ), JKJ ( Jahe KencurJeruk),wedang uwuh dan minuman khas Iainnya.

Bagi kamu yang ingin ke Wedangan Cangkir Blirik bisa menuju lokasi yang ada di Jl.Banyuanyar Selatan No 22b Solo.

Makan Siang dengan Sambil berwisata Alam Pegunungan



(photo by detik.com)

Jika kamu mencari tempat yang cocok untuk makan atau sekedar minum teh sambil melihat pemandangan alam pegunungan yang indah serta menikmati udara yang sangat segar, kamu bisa ke Bale Meranti.

Lokasinya ada di Jl. Kaliondo no.1 Kemuning Ngargoyoso Jawa Tengah arah Tawamangu, dengan jam buka dari jam 09.00 - 19.00 WIB



(photo by yukpiknik.com)

Di Bale Meranti kamu bisa pesan teh di teko untuk diminum bersama-sama, ada juga teh dari luar negeri. Harga tehnya mulai dari Rp.8.000 - Rp.12.000 per cangkir, untuk yang teko mulai dari Rp.30.000 - Rp.125.000 per teko. Satu teko bisa diminum empat sampai lima orang. Teh yang paling favorit adalah Branti Black Tea dan Branti Green Tea.



(photo by Slonong @whatshappensolo.blogspot.com)

Makanan favoritnya adalah Sego Rewangan (Nasi hangat, lodeh koro ireng, koyoran kandeng asin, karak, tempe/tahu) dan Sego Asem - Asem Kikil Yu Tandur (Nasi hangat, kikil sapi, buncis muda) Harga makananya sangat terjangkau kisaran Rp.20.000 - Rp.40.000.

Menu spesial hari Sabtu dan Minggu dan rasanya sangat enak adalah Pipes Kopyor, isinya roti, kelapa kopyor dan gula merah paling enak dimakan hangat-hangat.

Makan Nasi Liwet Khas Solo



(photo by Hendrawardhana @kompasiana)

Kalau Jogja punya gudeg sebagai makanan khasnya, kalau Solo punya nasi liwet. Nah salah satu tempat di solo yang menjual nasi liwet yang lezat dan enak yaitu Nasi liwet Bu Sri yang terletak 40 meter di seberang pintu gerbang Pasar Gede Solo, tepatnya di depan pasar ikan.





(all photo by Hendrawardhana @kompasiana)

Tempat ini disebut-sebut sebagai warung makan nasi liwet paling enak dan ramah di kantong, karena tempat ini selalu ramai di kunjungi, jika kamu ingin kesini datanglah sebelum jam 12 siang dan harap bersabar ya jika saat kamu datang semua kursinya sedang terisi.

Seporsi nasi liwet dengan tambahan lauk telur dan sayap ayam di tebus dengan Rp. 10.000. Harga yang wajar untuk sebuah kenikmatan warisan kuliner Nusantara seperti nasi liwet. Apalagi Nasi Liwet Bu Sri memang cukup berhasil menggoyang lidah.

Makan Soto Khas Solo



(photo by pullthebrake.com)

Belum pas rasanya jika kamu ada di Solo namun belum mencoba Soto Ayam Gading I yang lokasinya ada di Jl. Brig. Jend. Sudiarta No 75 Solo. Buka pukul 05.30 - 15.00 dan disini selalu ramai pengunjung.

Menu andalannya adalah Nasi Soto Biasa dan Nasi Soto Brutu. Cara makan sotonya bisa langsung dicampur dengan nasi atau di pisah, harga nasi soto pisah lebih mahal dari pada campur namun hargnya tetap terjangkau yaitu sekitar 7 ribu - 11 ribu per porsi.

Menu tambahan pelengkap makan soto juga tersedia diantaranya sate babat, paru, brutu, kikil, empal, otak, telur puyuh, telur pindang, prastel, peyek, lumpia, tahu isi/bakso, resoles dan lain-lain.

Beli Serabi Notosuman



(photo by pullthebrake.com)

Nah ini adalah serabi asli Solo yang wajib kamu coba. Walaupun sekarang di Jakarta sudah banyak yang menjual serabi notosuman tapi tidak afdol kalo kamu tidak membeli dan merasakan serabi dari kota asalnya. Lokasinya ada di Jl. Muh Yamin. Jika datang kesini maka kamu akan menemukan dua toko yang menjual Serabi Notosuman.

Tokonya bersebrangan namanya sama namun warna plang dan kotaknya berbeda, yang satu warnanya hijau No.28 telp 0271 651852, 634433 dan yang satunya lagi warna oranye No.51 telp 0271 655906, 639049 buka dari jam 04.30 - 18.00

Bedanya adalah kalau yang hijau masaknya menggunakan gas yang satunya lagi menggunakan tungku. Untuk harga semuanya sama yaitu serabi biasa Rp.2.300 dan serabi coklat Rp.2.500. Kalau rasa tergantung selera, menurut saya dua-duanya enak.

Beli Oleh-Oleh Kue Kering Khas Solo



(photo by ceritaperut.com)

Nah untuk mengakhiri perjalanan wisata kamu di Solo biasanya ada satu tempat wajib yang musti dikunjungi yaitu took oleh-oleh. Sebenarnya di Solo banyak tempat untuk membeli oleh-oleh, tapi ada satu tempat yang selalu ramai di kunjungi, yang juga kami rekomendasikan yaitu BP.Mesran Mistopawiro (Sari). Lokasinya di Jl.Kalilarangan No 71, tlp 0271 647033.



(photo by solopos.com)

Disini kita bisa beli berbagai macam oleh-oleh dengan harga yang sangat terjangkau, diantaranya Abon, Serundeng, Keripik Cakar, Intip Solo, Mete, Kripik Tempe, Ampyang Kacang, Dendeng Sapi, Rempeyek,Jamur, Berem Solo dll.

Nah sekian dulu wisata kuliner ala LakeyBanget di Solo, semoga bisa tempat-tempat yang LakeyBanget sebutkan bisa memuaskan wisata kuliner kamu.