6 Kacamata VR Terbaik

WAGON
#Om GeMeS
Photo: LAKEYBANGET.COM

LAKEYBANGET.COM – Sebelum era Virtual Reality atau disebut juga VR, Teknologi 3 Dimensi menjadi sesuatu yang menakjubkan, karena teknologi tersebut membuat kita seakan-akan terlihat dekat dengan objek namun masih terasa statis, karena teknologi 3D tersebut, muncul lah Kacamata 3-Dimensi yang sempat menjadi tren di tahun 90an. Namun seiring berjalannya waktu, teknologi 3D tersebut terus dikembangkan menjadi sebuah teknologi mutakhir berupa teknologi Virtual Reality atau VR yang kemudian untuk menikmati teknologi VR tersebut dibutuhkan sebuah kacamata VR. Perbedaan signifikan antara kacamata 3D biasa dengan virtual reality terletak pada efek yang dihasilkan dari kedua kacamata tersebut. Teknologi VR membuat kita seolah-olah bukan hanya terlihat dekat dengan Objek, dimana Objek disini berupa game atau video interaktif, tapi dengan kacamata VR kita seperti berada di dalam Game atau Video tersebut.

Nah sobat Lakban, klo kamu tertarik memiliki kacamata VR, berikut beberapa daftar kacamata VR terbaik versi LakeyBanget. Cekidot!

Oculus Rift



Kacamata VR ini menawarkan visual yang lebih realistis. Kacamata yang dikembangkan oleh Palmer Luckey ini sempat didanai oleh Kickstarter, kemudian dibeli oleh Facebook dengan harga yang lumayan fantastis yakni USD 2 Milyar.

Kacamata ini dapat dihubungkan ke DVI dan port USB pada laptop/PC. Kemudian, Oculus Rift akan melacak gerakan kepalamu untuk dihubungkan ke dalam citra 3D dan menyalurkan audio secara lebih jelas. Tak hanya itu saja, Oculus Rift juga didesain dengan optik yang tepat sehingga mata kamu bisa lebih fokus pada tampilan yang nampak lebih nyata tersebut.

Kebanyakan teknologi serupa tidak bisa mengatasi masalah yang dialami penggunanya, seperti pusing dan mual saat menggunakan kacamata virtual reality.  Namun, sensor dan LCD Zero Latency yang terdapat pada Oculus Rift, mampu membuat penggunanya merasa berada di dalam dunia virtual secara lebih alami dan tidak mengakibatkan masalah seperti pusing dan mual.

Sony Playstation VR



Project Morpheus adalah nama kacamata virtual reality besutan Sony yang mendukung Playstation 4. Kacamata Sony Playstation VR ini menggunakan layar LCD 5 inch yang terbuat dari prototipe asli. Ditambah dengan OLED 5.7 inch untuk memperluas sudut pandang pengguna dan meminimalisir tampilan yang blur.

Sony juga menawarkan kemampuan refresh rate 120Hz untuk membuat game playstation 120fps tampak lebih nyata. Selain itu, kacamata ini juga menjanjikan latency yang super rendah, yakni kurang dari 18ms. Teknologi yang disematkan pada Sony Playstation VR ini akan semakin memberikan rasa nyaman untuk penggunanya. Luar biasa..

Fove VR



Jauh berbeda dari Oculus Rift maupun Sony Playstation VR, Fove VR memiliki teknologi eye-tracking yang sangat interaktif. Terdapat sensor inframerah yang dapat terhubung dengan pandangan mata penggunanya. Tak cukup sampai disitu, Fove VR juga menawarkan metode kontrol yang sangat baik dan unggul diantara kompetitornya. Saat menggunakan Fove VR, kamu akan merasa berada di simulasi virtual yang nyata dan mengetahui persis detail kondisi dari lingkungan virtual tersebut. Kacamata ini menggunakan platform perangkat lunak dari Wear VR.

Samsung Gear VR



Kehadiran Samsung dalam dunia teknologi virtual reality nampak memberi warna baru pada pasar teknologi modern. Gear VR adalah kacamata virtual reality terbaik yang kompatibel dengan smartphone Samsung Galaxy paling mutakhir, seperti Note 4 dan S6. Di depan slot lensa terdapat tempat micro USB. Samsung juga mengusung layar super AMOLED untuk Gear VR.

Beberapa review dari masyarakat yang sudah mencoba Samsung Gear VR menuturkan bahwa kacamata ini cukup mengagumkan untuk memberikan tampilan visual yang sangat nyata. Disamping itu, Samsung Gear VR juga cukup menjanjikan untuk digunakan bermain game atau sekedar menonton film.

HTC Vive



HTC Viva adalah sebuah headset virtual reality garapan dari HTC dan Valve. Berdasarkan informasi yang beredar, kacamata ini hanya dirilis dalam jumlah terbatas. Vive bisa dihubungkan ke PC dan sangat kompatibel dengan game berkapasitas besar.

Selain itu, kacamata yang juga memiliki nama lain SteamVR ini juga menawarkan 70 sensor dan head-tracking sampai 360 derajat. Artinya, kamu dapat berputar-putar di dunia maya tersebut selayaknya ketika berada di dunia nyata.

Refresh state yang ditawarkan kacamata ini memang tidak sebesar Sony Playstation VR, karena hanya 90Hz. Namun, SteamVR juga menawarkan latency yang rendah dan context aware controller yang memungkinkan kamu untuk menembak, bergerak dan melakukan interaksi dengan semua elemen yang terdapat pada dunia virtual tersebut.

Glyph Avegant



Jika kacamata virtual reality lainnya berukuran besar dan cukup berat, Glyph Avegant menawarkan kacamata dengan desain yang ramping dan ringan. Ukuran yang minimalis ini dikarenakan kacamata ini mengusung tampilan layar seperti smartphone untuk menyajikan citra dan mencerminkan tampilan secara langsung ke retina penggunanya.

Glyph Avegant ini memiliki resolusi 1280 x 720 dengan sudut pandang hanya sampai 45 derajat. Akan tetapi, cermin mikro yang terdapat pada Glyph Avegant ini mampu membuat kamu terhindar dari pusing atau mata lelah saat menggunakan kacamata super canggih ini. Dengan begitu, kamu bisa tetap nyaman menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Nah itulah 6 kacamata VR terbaik yang bisa kamu pilih saat ini dan bisa kamu peroleh di toko gadget baik online maupun offline.