Perjuangkan Hal yang Anda Yakini

Famous quote
People
Photo: Malcolm X (democracynow.org)

LAKEYBANGET.COM - Kalau Anda tak memperjuangkan hal yang Anda yakini, Anda akan gagal untuk semua hal. – Malcolm X

Bagaimana kabar Anda hari ini? Telahkah Anda memperjuangkan hal yang Anda yakini? Seperti dikatakan dan diperjuangkan oleh Malcolm X di atas. Malcolm X adalah kisah manakala segregasi dan ketimpangan terjadi untuk si kulit hitam. Telusurilah jalur sejarah, maka Anda akan menemukan bagaimana Amerika Serikat yang konon katanya biangnya demokrasi pun harus tertatih-tatih, jatuh bangun untuk memastikan liberte, egalite, fraternite.

Kita tak dapat memilih lahir dari rahim mana, namun kita dapat memilih untuk memperjuangkan apa yang kita yakini. Siapapun Anda, dari ragam akar mana pun, janganlah menyerah untuk mencapai dan memperoleh mimpi. Berjuanglah, karena no free lunch. Berjuanglah dengan mimpi-mimpi besar yang dianyam dalam kerja-kerja harian.

Mimpi kemarin, dapat menjadi kenyataan hari ini, apabila perjuangan benar-benar dijalankan. Mimpi hari ini dapat menjadi kenyataan di masa mendatang, manakala konsistensi dan intensitas dilakukan oleh orang-orang yang memiliki mimpi.

Dunia yang kita tempati sekarang, pada beberapa hal telah memuat hak asasi manusia. Tentu masih banyak PR peradaban dan kemanusiaan. Dan merupakan tugas sejarah, bagi masing-masing dari kita di konteks kekinian. Agar masa depan lebih cerah. Agar kerisauan dari tokoh Glass (Leonardo DiCaprio) dalam film The Revenant kepada anaknya yang beretnis Indian: “Mereka tidak mendengarkanmu, mereka hanya melihat warna kulitmu”; tidak terjadi lagi. Sebuah bumi yang menerapkan konsep liberte, egalite, fraternite dalam kenyataan.