Alasan Cincin Pernikahan Harus Di Jari Manis

WHAT`S UP
Nge-lop
Photo: Cincin pernikahan pada jari manis

LAKEYBANGET.COM-  Guys bahwa di dalam sebuah pernikahan selalu identik menggunakan cincin sebagai tanda cinta kedua mempelai tetapi apakah kalian pernah berpikir kenapa cincin pernikahan harus dipakai pada jari manis? mengapa tidak di jari yang lainnya. Apakah karena namanya jari manis, jadi setiap cincin perkawinan disematkan di jari manis agar pernikahannya juga manis seperti nama jari itu hehehe…

Tahukah Kamu Mengapa Cincin Pernikahan Harus Di Jari Manis?



merdeka.com

Pernikahan merupakan sesuatu yang sangat sakral dan banyak diimpikan oleh setiap orang. Setiap agama dan adat istiadat memiliki cara masing-masing dalam mengatur prosesi pernikahan, namun semua itu pasti tidak melupakan dengan adanya cincin pernikahan yang merupakan sebuah simbol ikatan cinta antara kedua mempelai. Cincin pernikahan ini biasa disematkan pada jari manis kedua mempelai. Bentuk melingkar cincin ini ternyata melambangkan ikatan cinta suci yang selalu berikatan tiada akhir tidak pupus oleh jaman.



gallerysilver.blogspot.com

Mengapa cincin kawin dipasang di jari manis? Inilah pertanyaan yang sering terbesit dalam pikiran kita. Ternyata penggunaan jari manis sebagai jari yang dinobatkan sebagai pemakai cincin pernikahan ini memiliki sejarah dan makna yang cukup dalam. Bagaimanakah sejarahnya? Konon ribuan tahun lalu, bangsa Yunani kuno dan bangsa Romawi memiliki suatu kepercayaan yaitu mereka percaya bahwa jari manis memiliki pembuluh darah yang langsung berhubungan langsung atau mengarah langsung dengan jantung. Pembuluh darah ini memiliki nama yang cukup populer yaitu vena amoris atau dapat diartikan sebagai pembuluh darah cinta. Sungguh unik ya… Terjawab sudah alasan cincin kawin disematkan di jari manis.

Keyakinan ini ternyata telah banyak mempengaruhi tradisi dalam pernikahan, sehingga dalam pernikahan setiap pasangan selalu menyematkan cincin pernikahan di jari manis sebagai lambang cinta abadi antara kedua pasangan yang telah menikah. Tradisi ini memang unik dan bahkan hingga saat ini masih banyak dipercayai oleh banyak orang dan pada setiap pasangan yang menikah selalu melakukan tradisi ini dan inilah alasan kenapa cincin kawin di jari manis.

Pembuluh Darah Cinta Dalam Jari Manis, Hanya Mitos?



log.viva.co.id

Keyakinan akan adanya pembuluh darah cinta dalam jari manis ini tidak dapat di buktikan secara ilmiah dan para peneliti ilmiah pun menyatakan bahwa mitos ini tidak benar dan hanyalah mitos belaka tidak ada hubungannya dengan pembuluh yang mengarah langsung ke jantung.

Penggunaan cincin perkawinan pada jari manis tangan kiri atau tangan kanan tergantung pada setiap individu masing-masing. Pada budaya barat, penggunaan cincin pernikahan di jari manis bagian tangan kiri karena tangan kiri merupakan tangan yang jarang digunakan untuk aktivitas sehari-hari, sedangkan tangan kanan lebih banyak digunakan dalam semua aktivitas sehari-hari, sehingga cincin pernikahan disematkan di jari manis tangan kiri untuk menghindari cincin terkena goresan dan mudah rusak. 



specialiscinta.com

Namun tidak semua negara menggunakan jari manis bagian tangan kiri untuk menyematkan cincin pernikahan. Ada beberapa negara di dunia ini yang menggunakan jari manis pada bagian tangan kanan yaitu India, Norwegia, Peru, Denmark, Venezuela, Spanyol, dan juga Indonesia yang memiliki tradisi menyematkan cincin pernikahan di jari manis bagian tangan kanan. Mengapa negara-negara ini menggunakan tangan kanan? Alasannya adalah tangan kanan merupakan tangan yang lebih dominan dalam semua aktivitas sehari-hari sehingga dapat dikatakan bahwa tangan kanan merupakan simbol dari pernikahan yang sangat kuat dan tidak mudah goyah meskipun ada badai penghalang