Obesitas = Gagal PE-DE. Nih Solusinya!

WAGON
#Sehat Yuk!
Photo: LAKEYBANGET.COM

LAKEYBANGET.COM – Ayo Olahraga! Kalimat inspiratif bagi kamu yang menginginkan punya tubuh yang sehat dan kuat. Nah, kamu pagi ini sudah olahraga belum sobat LAKBAN? Yuk biasakan kegiatan ini menjadi kegiatan yang kamu sukai, ya buat diri sendiri juga kok. Membahas tentang olahraga, pastinya tujuan kamu tak lain dan tak bukan ke arah sehat juga mengurangi obesitas yang kamu punya. Betul tidak? (baca: Kamu Nggak Takut Sama Obesitas? Yuk Sadar Diri Sejak Dini!)

Obesitas memang sangat mengganggu loh! Selain menimbulkan rasa cepat lelah, sulit gerak, dan tubuh terasa berat, hal penting lainnya adalah masalah pe-de kamu yang jadi terganggu. Gak asyik kan yah!

Untuk membantu mengurangi obesitas kamu, nih ada beberapa cara yang semoga bisa membantu kamu dalam mencapai tujuan kamu, ya memiliki tubuh sehat, kuat, dan sensasi PE-DE yang buat kamu jalani hari-hari kamu lebih indah. Check it out!

Kurangi Makan 30 Persen



foto: istimewa

Makan lebih sedikit lemak maksimal 30 % dari keseluruhan jumlah kalori yang dikonsumsi. Mengurangi lemak akan mengurangi asupan kalori dan memperbanyak turunnya berat badan. Hal itu juga dapat membatasi atau mencegah timbulnya ‘efek salah makan’. Karena lemak adalah sumber kalori terbesar.

Menu makanan sekarang jelas jauh berbeda dengan menu makanan pada era terdahulu. Jika era dulu makanan lebih banyak mengandung karbohidrat  seperti halnya kue-kue dengan bahan utama hanya dari tepung, era modern sekarang selain tepung, juga banyak dinambahkan margarine, minyak dan jenis lemak lainnya.

Dari hasil pengamatan terlihat bahwa seseorang dengan kelebihan berat badan sangat suka makanan berlemak. Rata-rata konsumsi lemak mereka berada di atas 50% dari total kalori.

Kurangi Asupan Kalori



Kurangi asupan kalori per hari dari pola makan biasanya (kurang lebih 600 kkal). Tubuh selalu memerlukan asupan nutrisi dasar, tidak selalu dari kuantitas asupan yang banyak. Namun lebih efektif didapat dari pola makan yang berkualitas.

Zat gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein, karbohidrat, dan lemak. Zat-zat gizi tersebut menempati porsi vital yang dibutuhkan untuk metabolisme, membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan untuk mendapatkan energi.

Gizi Seimbang



Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, paling sedikit 3 kali sehari. Memilih makanan dan minuman secara hati-hati akan membantu anda mengontrol kalori dan jumlah lemak total, lemak jenuh, kolesterol, garam, gula dan minuman beralkohol.

Beraktifitas



Perbanyak aktifitas. Sebelum anda melakukan perubahan apapun pada diri anda, pastikan bahwa hal itu akan bermanfaat. Meningkatkan aktifitas fisik secara umum seperti berolahraga selama 20 menit dapat menurunkan tekanan darah, mengontrol diabetes, menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi komplikasi kesehatan lainnya yang berhubungan dengan kelebihan berat badan. Jelas lebih baik daripada anda menghabiskan 2 jam menunggu di salon atau di bengkel.

Dengan latihan secara teratur umumnya lebih berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya dibandingkan dengan orang yang tidak berlatih secara teratur. Serta tak luput konsultasikan dengan dokter atau pakar-pakar terkait terlebih dahulu sebelum anda memulai program olah raga.

Satu hal yang perlu dan penting diingat, satu-satunya jalan untuk menurunkan berat badan adalah untuk penggunaan energi yang lebih banyak daripada energi yang dikonsumsi.

Bulatkan Tekad



Dan yang terakhir adalah kebulatan tekad. Diperlukan kegigihan usaha dari pelaksanaan niat yang ditanamkan. Yuk Bulan ini dijadikan momentum tepat untuk mengimplementasikan usaha ini.

baca: Nggak Sadar Juga! Nih Akibat Yang Kamu Gak Bakalan Mau Ngerasain