OMG! Pemerintah 4 Negara Ini Larang Penduduknya Berpuasa

Ramadhan Ala LAKBAN
#THR
Photo: Myanmar

LAKEYBANGET.COM - Menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tentu menjadi kewajiban seluruh umat Muslim. Ya, mengingat puasa merupakan rukun Islam yang keempat. Sehingga akan berdosa jika kita selaku umat Muslim tidak melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

Namun apa jadinya jika niatan baik kita untuk berpuasa di bulan Ramadhan justru dilarang pemerintah di negara kita tinggal. Parahnya, pemerintah di negara tersebut mengancam bakal menghukum warga negaranya yang kedapatan berpuasa.

Berikut empat negara yang melarang penduduknya untuk menjalankan ibadah puasa.

1. Tiongkok



Sudah menjadi cerita lama jika umat Muslim di Tiongkok sulit untuk menjalankan keyakinan beragamanya. Ya, mengingat Negeri Tirai Bambu ini merupakan negara komunis.

Parahnya, pemerintah Tiongkok nggak segan memberikan hukuman jika ada penduduknya yang kedapatan berpuasa. Malah, pemerintah Tiongkok juga menyuruh penduduknya untuk tetap membuka warung makanan selama bulan Ramadhan.

India



Pemerintah India sih sebenarnya nggak melarang umat Muslim di negara itu untuk berpuasanya. Hanya saja, di negara ini tolerensi antarumat beragama sangatlah kecil.

Buktinya nih, pada 2014 silam ada seorang anggota parlemen yang memaksa seorang pekerja di sebuah restoran untuk makan roti di siang hari. Padahal saat itu pekerja restoran itu sedang berpuasa. Diketahui anggota parlemen itu kesal lantaran tidak ada makanan di kantin yang dijaga pekerja muslim itu.

Myanmar



Warga Muslim di Myanmar, terutama dari etnis Rohingya, memang sering kali mendapatkan perlakuan semena-mena dari banyak oknum di negara itu, termasuk pemerintahnya sendiri.

Mereka mengancam akan menangkap siapa pun yang menjalankan ibadah yang biasa dilakukan umat Islam, termasuk juga ibadah puasa. Tahun lalu saja, kepolisian Myanmar sudah menyegel 6 masjid.

Inggris



Negeri Tiga Singa ini sejak dulu memang sudah terkenal sebagai negara anti-Islam. Hanya saja, belakangan ini Inggris mulai memberikan toleransi terhadap umat Muslim di negara itu. Tapi nih, untuk urusan berpuasanya pemerintah Inggris nampaknya masih belum memberikan toleransi lebih kepada umat Muslim di negara itu.

Buktinya terdapat beberapa sekolah di negara itu yang melarang umat Muslim untuk berpuasa. Para kepala sekolah mengedarkan surat kepada orang tua Muslim untuk melarang anaknya berpuasa. Alasannya nih, karena ibadah puasa dianggap mengganggu kegiatan belajar di sekolah.