Robot Bisa Parkirkan Mobil? Amazing Guys.

WAGON
#Om GeMeS
Photo: Robot Bisa Parkirkan Mobil? Amazing Guys.

LAKEYBANGETY.COM- Guys sekelompok penemu yang berbasis di Shenzhen, Tiongkok, sedang mengembangkan teknologi robot canggih yang secara otomatis akan memarkirkan mobil milikmu secara otomatis. Robot yang dikembangkan oleh Yee Fung Automation Technology ini disebut Geta (Get a Car). Robot Geta adalah robot parkir otomatis yang berbentuk seperti papan seluncur yang bisa mengangkat mobil dan kemudian memarkirkannya secara otomatis.

Geta dikendalikan dengan laser yang kemudian secara otomatis akan memilih tempat parkir sesuai yang diinginkan pemilik mobil. Robot ini tidak memerlukan rel, melainkan mampu menavigasi sendiri dan bergerak ke semua arah. Hanya butuh waktu dua menit bagi Geta untuk menyelesaikan pekerjaannya. “Robot parkir dirancang untuk menambah ruang parkir. Robot bisa kemana-mana secara bebas dan fleksibel serta akan mereformasi parkir di masa depan,” kata kepala eksekutif Yee Fung Marco seperti dikutip dari Nextshark, Kamis (14/7/2016).

Untuk mengembangkan teknologi ini, diperkirakan memakan dana paling sedikit 1 juta Yuan (sekitar Rp 1,9 miliar). Robot parkir ini sengaja dikembangkan untuk mengantisipasi masuknya lebih dari 200 juta mobil di daratan Tiongkok.



“Ada banyak perusahaan yang tertarik dengan produk kami, seperti perusahaan properti komersial dari Singapura dan London, perusahaan parkir umum di Timur Tengah,” tambah Marco. Teknologi serupa sebelumnya juga pernah diterapkan di Jerman, tepatnya di bandar udara Dusseldorf. Daripada menghabiskan waktu untuk mencari parkir, pihak bandara menerapkan sistem parkir robotik yang diberi nama RAY, sebuah mesin pengangkat otomatis hasil rancangan perusahaan lokal Serva Transport.

Menurut CNN, robot parkir valet itu dibekali dengan sensor dan laser untuk mengukur lebar dan tinggi mobil, serta dapat mengambil foto mobil itu. Ia mampu mengangkat mobil seberat tiga ton dan menempatkannya di salah satu dari 249 area parkir yang tersedia. Sistem penggunaan RAY dikendalikan dan dipesan melalui sebuah aplikasi bernama Premium Plus. Jadi, para pengguna harus menempatkan mobil di area parkir khusus, menekan tombol yang disediakan untuk konfirmasi bahwa mobil telah kosong, lalu robot RAY menjalankan fungsinya. Semoga saja robot Geta juga ada di Indonesia nanti, agar pengguna mobil nggak perlu susah lagi parkir ditambah takut tergores. Nih guys simak videonya.