Smesco Digipreneur Jadi Wadah Majukan UKM

WHAT`S UP
mading
Photo: SMESCO

LAKEYBANGET.COM - Sebagai upaya memajukan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, SMESCO, Badan Pelayanan Umum di bawah Kementerian Koperasi dan UKM tak henti-hentinya melakukan inovasi. Salah satunya adalah dengan mengadakan event bulanan yang bertajuk, "Smesco Digipreneur" dengan tema yang berbeda setiap bulanya di Galeri Indonesia Wow!.

"Event Smesco Digipreneur ini kan jadi event bulanannya Smesco, maka ke depannya ada kata Smesco gitu. Kalau Digipreneur ini kan usaha yang digital. Smesco sebagai badan layanan umum dari Kementerian Koperasi dan UKM, memiliki tugas untuk mempromosikan produk-produk dari UKM dari seluruh Indonesia," ujar Bagus Rachman, Director Business and Marketing SMESCO, di SME Tower, Jalan Gatot Subroto, Sabtu (14/5).

Seperti yang telah berkembang di tengah masyarakat, gadget dan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, dimana kegiatan dan kebutuhan akan komunikasi masyarakat dimulai dari perangkat digital yang mereka miliki. "Dan yang sekarang terjadi adalah tren melalui dunia digital media, sehingga smesco juga harus masuk ke dalam dunia digital itu supaya para koperasi UKM yang menitipkan barangnya disini, baik di display maupun melalui e-comers kita bisa dilihat dan dipasarkan secara luas," ujarnya.

Selain memberikan fasilitas bagi pelaku UKM, dengan diadakanya Smesco Digipreneur, para pakar akan berbagi pengetahuan, dimana nantinya dapat dipraktikan oleh pelaku usaha sehingga produk yang mereka hasilkan dapat dipasarkan secara luas tanpa batas. "Disitu kita berharap supaya mereka juga memiliki pengetahuan tentang digital sekaligus kita ajak mereka agar bisnisnya itu bisa dipromosikan melalui digital. Seperti kita juga pernah mengundang Web Builder, itu event kita yang bulan lalu. Makanya tadi saya bilang, ini event bulanan. Saya undang itu Web Builder supaya mereka, UKM itu nantinya punya pilihan. Kalau mereka masuk ke dunia digital itu mereka sudah memiliki pilihan seperti apa," papar Bagus.

Lebih lanjut Bagus menjelaskan, dunia digital merupakan pasar yang menjanjikan. Hal tersebut dapat dinilai dari jumlah pengguna jasa layanan internet di Indonesia yang semakin meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. "Kalau kita tahu data yang dirilis dari asosiasi jasa pengguna internet, di akhir tahun 2015 saja 100 juta pengguna jasa internet di Indonesia. Tahun sebelumnya 80 juta dan tahun sebelumnya lagi sekitar 50 juta. Artinya, trennya itu meningkat terus. Mungkin saat ini sudah di atas 100 juta lebih, artinya memang masyarakat Indonesia ini sudah melek internet dengan gadget," pungkasnya.