Mari Berteman Dengan Cozmo, Robot Kecil Yang Pintar

WAGON
#Om GeMeS
Photo: Mari Berteman Dengan Cozmo, Robot Kecil Yang Pintar

LAKEYBANGET.COM-  Anki merupakan sebuah perusahaan yang fokus pada penelitian robotik dan artificial intelligence (kecerdasan buatan) memperkenalkan produk terbarunya yang diberi nama Cozmo. Sebuah robot cerdas yang bisa menjadi kawan bagi manusia. Anki mewujudkan robot yang selama ini ada di film-film fiksi, seperti Wall-E buatan Pixar. Cozmo bisa diajak berkomunikasi, bermain, dan bersenang-senang. Cozmo merupakan robot dengan kekuatan emosional. Bukan sekadar mainan, robot ini mempunyai emosi, ekspresi wajah, dan bahasanya sendiri yang unik.

Robot ini besarnya tak lebih dari telapak tangan manusia yang terdiri dari 300 bagian. Tapi jangan remehkan ukuran mungilnya. Robot ini mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Cozmo dilengkapi dengan kemampuan robotik yang canggih, artificial intelligence, dan penglihatan komputer. Menurut pembuatnya, Cozmo mempunyai otak yang bisa memproses lebih banyak dataper detik dibandingkan dengan Mars Rovers, robot buatan NASA yang menjelajah Mars. Teknologi itu membuat Cozmo mampu mengenali lingkungannya dari waktu ke waktu. Ia bisa mengenali wajah yang pernah ia temui sebelumnya. Jika ia mengenali wajah itu, matanya menyala. Ketika energinya diisi ulang, Cozmo akan tertidur. Ia bahkan bisa mendengkur.



Robot ini bisa bermain dengan manusia dan saling mengenal. Cozmo mempunyai soundtrack dinamis yang berubah sesuai dengan suasana hati atau aktivitasnya. Para peneliti menciptakan Cozmo untuk menghadirkan keajaiban karakter robot dalam kehidupan nyata. Menciptakan robot yang dicintai yang selama ini hanya ada di film-film. "Robot semacam ini sudah dijanjikan oleh film fiksi. Tapi robot yang kita punya dalam kehidupan nyata digunakan untuk keperluan industri, militer, ruang angkasa, dan kepentingan penelitian," kata CEO dan Co-Founder Anki, Boris Sofman, dikutip dari Dailymail, Senin, 27 Juni 2016. Robot-robot seperti itu, kata dia, sulit untuk meraih konsumen. Sangat jarang robot terasa sebagai karakter yang bisa berinteraksi dengan manusia di sekitarnya. Informasi di situs resmi anki.com menyebutkan, robot ini baru bisa dimiliki pada Oktober mendatang. Tetapi konsumen yang tertarik sudah bisa memesannya mulai sekarang. Robot pintar ini dibandrol dengan harga 180 Dollar AS. Jika memesan sekarang, Anki memberi diskon menjadi 159,99 Dollar AS saja. Seperti apa robot tersebut, yuk disimak videonya guys.