Membuat Bokeh Dengan Lensa Kit 18-55 mm

Jepret
Edu-Jepret
Photo: Membuat Bokeh Dengan Lensa Kit 18-55 mm

LAKEYBANGET.COM- Guys bokeh berasal dari bahasa Jepang, yang berarti 'menjadi kabur'. Pengaplikasian efek bokeh akan memberikan kesan dimensi pada sebuah foto. Objek akan terkesan terpisah dari background atau elemen lain disekitarnya. Hal ini akan menguatkan point of interest  dari sebuah foto, dan membuat foto menjadi menarik untuk dinikmati.  Berikut ini contoh foto dengan efek bokeh:



Perhatikan background pada foto yang tampak tidak fokus/ngeblur. Objek utama menjadi terlihat seperti terpisah dengan background. Itulah Bokeh. Sebenarnya untuk mendapatkan bokeh yang baik kita perlu menggunakan lensa-lensa dengan bukaan lebar (misal f/1,4 atau f/1,8 nya lensa prime), tapi bagaimana kalau kita belum memiliki lensa seperti itu? Bagaimana kalau yang kita miliki saat ini hanya sebuah lensa kit? Sobat tidak perlu berkecil hati. Kali ini akan saya bagikan tips membuat foto bokeh menggunakan lensa kit yang sobat miliki.

1.Gunakan focal length 55mm (zoom sampai habis).

2. Gunakan Aperature kecil / bukaan besar. Untuk lensa kit dengan focal length 55 mm akan mendapatkan aperture f/5,6.

3. Usahakan dekatkan lensa dengan objek. Jarak fokus terdekat lensa 18-55 mm berkisar antara 25-30 cm. 

4. Jauhkan objek dengan background. Semakin jauh objek dengan background maka bokeh akan semakin 'keluar'.

5. Lakukan percobaan beberapa kali. Semakin sering sobat mencoba sobat akan semakin paham kunci keberhasilan teknik ini.

Berikut ini saya sisipkan beberapa foto yang saya ambil menggunakan lensa kit 18-55 mm, semoga dapat menjadi referensi sobat untuk berlatih.

.