Tentang Arti Persahabatan Dengan Alien & Robot [Film]

WAGON
#ReFill boX
Photo: Guardians of the Galaxy (Digital Spy)

LAKEYBANGET.COM - Belakangan ini politikus sayap kanan sedang naik daun di berbagai negara. Politikus sayap kanan yang sedang naik daun tersebut punya narasi yang sama: antiimigran, memiliki kebencian terhadap kaum muslim, serta melakukan politik isolasi. Jembatan pemahaman dengan mereka yang berbeda seakan dikunci dan ditutup.

Meningkatnya popularitas para politikus sayap kanan berkenaan dengan meningkatnya pengangguran, melemahnya perekonomian, dan imigran yang masuk ke negara-negara Eropa.

Apa yang terjadi di dunia kini seolah menjadi jalan mundur peradaban. Proteksionisme ekonomi, pintu tertutup bagi imigran, seakan menjadi arus balik dari globalisasi dan nilai-nilai kebaikan universal.

Padahal dalam ranah fiksi fantasi jembatan pemahaman coba direngkuh bukan sekadar dengan manusia, melainkan dengan robot dan alien. Film Star Trek misalnya berporos utama pada persahabatan antara James T.Kirk (manusia) dengan Spock (dari bangsa Vulcan). Film Guardians of the Galaxy juga memperlihatkan aliansi dari para penghuni alam semesta.



Di film Star Wars, persahabatan dengan robot terlihat melalui sosok R2-D2 yang begitu membantu perjuangan.



Lalu ada juga film Ender’s Game dimana Andrew Ender Wiggin menyadari dibutuhkan saling pengertian dengan alien yang semula dikira akan menganeksasi bumi.



Di film Arrival, para alien berkomunikasi dengan menggunakan kode-kode tertentu.



Dari ranah fiksi fantasi sesungguhnya kita bisa belajar bahwa jembatan pemahaman dan saling pengertian dibutuhkan. Bukan dengan menutup diri, melainkan mengulurkan tangan persahabatan untuk kehidupan yang lebih baik.