Wih Kominfo Adakan Perekrutan Tentara Cyber Untuk Amankan Dunia Maya

WHAT`S UP
mading
Photo: LAKEYBANGET.COM

LAKEYBANGET.COM – Dunia cyber di Indonesia ternyata tidak pernah luput dari perhatian pemerintah, hal ini dibuktikan dengan adanya kabar tentang perekrutan tentara cyber untuk dunia maya di Indonesia oleh Kominfo.

Menjaga Keamanan tak hanya dalam dunia nyata saja tetapi juga perlu dilakukan untuk di dunia maya. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hendak merekrut puluhan ribu tentara cyber yang akan menjaga keamanan teknologi informasi di Indonesia.



Ternyata yang dimaksud perektutan tantara cyber yaitu program penjaringan generasi muda berbakat di bidang keamanan cyber yang bernama BORN to Ctrl dari Kominfo.

Nah, proses penjaringan itulah yang ditargetkan akan melibatkan 10 ribu kandidat. Para kandidat akan melewati tahap seleksi (roadshow, April-Mei 2017) di sepuluh kota: Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, Samarinda, Makassar dan Manado.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Biro Humas Kominfo, Noor Iza, Roadshow tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat luas, khususnya para generasi muda, berumur 17 tahun ke atas yang berpendidikan menengah atas hingga perguruan tinggi untuk mengikuti ajang BORN to Ctrl.



Tahapan seleksi akan memilih 80 gladiator cyber yang akan direkrut menjadi “tentara keamanan teknologi dan informasi”, dan kemudian akan mendapat pelatihan selama dua pekan lewat “kamp digital”.

Para gladiator cyber terpilih berhak atas hadiah dan fasilitas, seperti uang tunai, kesempatan magang, kesempatan kerja, serta bertemu dengan pimpinan perusahaan-perusahaan ternama. Meski begitu, tiap peserta juga akan mendapat sejumlah keuntungan dengan mengikuti acara ini. antara lain, mereka bisa mengasah kemampuan dalam bidang keamanan cyber dan pelatihan daring gratis.

Program BORN to Ctrl merupakan kerja sama antara Direktorat Keamanan Informasi Ditjen Aplikasi dan Informatika dengan Xynexis International, perusahaan konsultan keamanan cyber.

Informasi mengenai program BORN to Ctrl bisa dilihat lewat situs resminya di sini

Hingga pagi ini (30/1), tercatat lebih dari 1.756 kandidat gladiator keamanan cyber yang mendaftar. Buat kamu yang memiliki keahlian di bidang IT dan tertarik, bergabung silahkan daftarkan diri kamu