Stasiun Kereta Api Kayashima & Kisah Pohon Berusia 700 Tahun

WHAT`S UP
mading
Photo: Stasiun Kereta Api Kayashima dan pohon berusia 700 tahun (thisiscolossal.com)

LAKEYBANGET.COM – Manusia yang berada di puncak piramida makanan, bisa dengan semena-mena berlaku terhadap hewan dan tumbuhan. Pembangunan misalnya, bisa dengan serta merta mengenyahkan ekosistem tempat hewan dan tumbuhan bernaung. Namun, hal itu tidak terjadi di stasiun kereta api Kayashima di Jepang yang bisa selaras dengan pohon yang diperkirakan berusia 700 tahun.





Berada di wilayah Osaka, pohon tua tersebut nampak seperti brokoli yang mencuat diantara bangunan stasiun kereta api. Seperti dilansir Colossal, stasiun Kayashima pertama kali dibuka pada 1910. Awalnya pohon tersebut berada di sebelah kanan dari stasiun. Selama 60 tahun, pertambahan populasi dan semakin intensnya pengguna kereta api menimbulkan wacana untuk memperluas stasiun Kayashima.





Maka di tahun 1972 disetujui ide perluasan dengan merobohkan pohon tersebut. Namun, ketika upaya merobohkan pohon itu terjadi, beberapa kejadian aneh mencuat. Mulai dari sang penebang pohon yang mengalami demam tinggi, ular putih yang ditemukan di pohon tersebut, hingga asap yang keluar dari pohon.





Alhasil rencana pun berubah. Pohon tersebut tetap dipertahankan dan desain baru diterapkan. Pada 1973 pelebaran stasiun dikerjakan dan selesai pada tahun 1980. Hingga kini stasiun Kayashima menjadi tempat yang unik, dimana berpadu antara pembangunan fisik dan kelestarian lingkungan.