Tips: Yang Perlu di Perhatikan Sebelum Kamu Membeli Portable Drive

WAGON
#Om GeMeS
Photo: LAKEYBANGET.COM

LAKEYBANGET.COM - Jika Kamu penggemar berbagai hal yang membutuhkan media penyimpanan besar, seperti film, video editing, atau fotografi, tentu 'cloud' dan 'Google Drive' saja tak akan cukup buat Kamu. Menyimpan data di internet memang adalah cara yang tepat agar data jadi aman, namun apa jadinya jika kita tidak memiliki koneksi internet di saat kita butuh menyimpan data segera.

Oleh karena itu mengapa kita butuh media penyimpanan portable atau portable drive sebagai tambahan media penyimpanan kita. Dengan portable drive, kamu bisa selalu siap kapan saja dengan berbagai foto dan video kamu, serta film atau MP3 kamu tanpa harus ada koneksi internet.

Kamu mau membeli portable drive? Tunggu dulu jangan buru-buru. Karena membeli portable drive juga nggak bisa sembarangan. So, simak tips LakBan berikut sebelum kamu membeli portable drive. Cekidot!

Pastikan portable drive yang mau kamu beli cukup 'cepat'



Portable drive memiliki dua tipe, yakni solid-state atau SSD, serta non-SSD atau hard disk yang merupakan versi biasa. Pekerjaan berat seperti mengedit video dengan resolusi raksasa bisa dilakukan langsung di SSD, karena kecepatannya sangat mumpuni di pekerjaan berat. Namun jika kecepatan bukan jadi perhatian kamu, dan kamu butuh sekedar jumlah penyimpanan, non-SSD adalah pilihan yang tepat karena lebih murah.

Selain itu USB drive paling cepat adalah USB 3.1 yang dua kali lebih cepat ketimbang USB 3.0. Opsi lebih murah adalah menggunakan USB 2.0 namun konsekuensinya adalah lebih lelet 10 kali lipat ketimbang USB 3.0.

Pastikan kapasitas penyimpanannya pas untuk kamu



Penyimpanan yang lebih besar tentu lebih baik. Namun untuk apa membayar lebih untuk penyimpanan yang tidak kamu gunakan? Jadi pertimbangkan berapa media penyimpanan yang cukup bagi kamu.

Kini sudah ada opsi portable drive dengan kapasitas 4TB. Namun sadarilah jika angka itu sangatlah besar. Jika Kamu secara professional bekerja di bidang video editing atau fotografi, Kamu tentu butuh. Namun jika tidak, 1TB sudah cukup besar kok.

Pertimbangkan untuk masa depan



Soal masa depan, tentu kita bicara soal koneksi USB-A port yang akan segera bergeser ke USB-C port. Kamu akan butuh kabel dengan koneksi USB-C agar bisa kompatibel dengan laptop masa kini ataupun masa depan. Terdapat juga kabel konektor USB-C ke USB-A jika PC atau laptop Kamu masih menggunakan USB-A port.

Namun hal ini tak berlaku sebaliknya. Beberapa laptop generasi baru seperti Macbook keluaran terbaru, hanya memiliki USB-C port. Untuk saat ini kabel untuk menghubungkan USB-A ke USB-C masih belum ada. Jadi jika Kamu bekerja dengan laptop generasi baru, tentu Kamu harus memiliki portable drive dengan koneksi USB-C.