Liverpool, Everton, dan Masjid Tertua di Inggris, Bersatu Perangi Kelaparan dan Kemiskinan

WAGON
#Sport Glass
Photo: You'll Never Walk Alone

LAKEYBANGET.COM – Kamu penggemar Premier League, pasti tahu dong perseteruan klub asal kota Liverpool, antara Liverpool dan Everton atau yang akrab disebut dengan Derby Merseyside. Kalo udah bertemu nih di lapangan, suasana satu kota berubah jadi panas.. Hahaha..

Tapi nyatanya, dibalik perseteruan itu, pendukung kedua klub punya terobosan baru lho dan itu luar biasa. Kedua supporter ini membuat sebuah foodbank, tempat pengumpulan makanan.

Adalah Masjid Abdullah Quilliam di West Derby Road, Kensington, yang kemudian menjadi penghubungnya. Masjid ini meminta pendukung Everton yang tergabung dalam ‘Trust (EST) dan pendukung Liverpool Roh Shankly (SOS) untuk bergabung dalam kampanye membantu orang miskin di ujung utara Merseyside.

Awalnya, bantuan memang diberikan oleh jamaah masjid. Pada intinya, organisasi ini membantu para fans dalam misi mereka untuk memerangi kelaparan di Liverpool.

Adam Kelwick, ustadz yang aktif di masjid tersebut, mengatakan bahwa misi Abdullah Quilliam adalah melayani orang.  “Semangat Abdullah Quilliam saat mendirikan masjid ini pada 1899 adalah untuk melayani masyarakat. Ini bukan semata-mata untuk menjadi orang yang lebih baik, tapi memberikan inspirasi kepada orang lain untuk bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. Ini tidak hanya untuk komunitas Muslim, tapi untuk semua orang. Dia ingin memastikan semua orang mendapatkan perlakuan yang sama, karena jika kita tidak bersaudara dalam Islam, maka kita bersaudara dalam kemanusiaan,” ujar Kelwick, seperti dikutip Liverpool Echo, (14/2).

Kedua pentolan suporter pun mengapresiasi kegiatan ini. Seenggaknya nih, kemiskinan dan kelaparan itu gak terkait dengan agama atau klub apa yang kamu semua cintai. Donasi yang telah berhasil ini diberikan dan disebar ke seluruh penjuru kota oleh para jamaah Masjid.

Percaya deh, ide ini sih brilian banget..