Tips Ngetone Dengan Photoshop

Jepret
Edu-Jepret
Photo: LAKEYBANGET.COM

LAKEYBANGET.COM - Hallo guys, kalian suka lihat gambar-gambar dengan warna atau tone biru? Tapi kalian tidak bisa menggunakan lightroom? Tenang kita akan kasih tahu ke kalian cara ngetone dari photoshop guys. Mau tau caranya, yuk mari kita simak guys.



Buka gambar di photoshop kamu, lalu copy layer dengan cara tekan tombol ( Ctrl + J ) pada layer Background.



Lalu select layer yang di copy tadi dengan cara tekan tombol ( Ctrl + Klik Layer 1 atau layer yang di copy tadi )



Setelah itu arahkan kursor kamu ke menu bar IMAGE, pilih MODE dan klik LAB COLOR.



Selanjutnya Klik Don’t Flatten.



Setelah itu kalian pilih menu bar CHANNELS yang berada di samping menu bar LAYERS.



Pilih layer A pada gambar lalu copy dengan cara menekan tombol ( Ctrl + C ).



Paste layer A tadi ke layer B dengan cara menekan tombol ( Ctrl + V ) pada layer B.



Hidupkan seluruh layer hingga tampilan gambar kembali seperti semula dan kalian akan melihat perubahan warna yang signifikan pada gambar guys.



Setelah itu tekan tombol ( Ctrl + D ) untuk menghilangkan select layer, klik menu bar IMAGE, pilih MODE lalu pilih RGB COLOR.



Lalu klik  Don’t Flatten.



Setelah itu copy kembali layer yg tadi dengan cara menekan tombol ( Ctrl + J ) lalu kalian bisa merapikan gambar kalian dengan cara pilih menu bar FILTER lalu klik Camera Raw Filter.



Merapikan gambar pada menu bar Basic, kalian bisa bermain Exposure, Highlights, Contrast, Shadows, Whites, Blacks, Clarity, Vibrance, dan Saturation.



Lalu pilih menu bar HSL/Grayscale dan kalian bisa memainkan warna sesuai dengan selera kalian masing – masing.



Kalian juga bisa menambahkan effect Vignete pada gambar dengan cara pilih menu bar Effects lalu kalian bisa mengatur vignete yang kalian inginkan.



Setelah semua kalian atur sesuai keinginan kalian, lalu satukan seluruh layer yang ada untuk mengakhiri proses editan ini dengan cara klik layer yang paling atas lalu tekan tombol ( Ctrl + Shift + E )



Sekarang gambar pun telah siap untuk di simpan.

Nah ini dia gambar sebelum dan sesudah proses edit guys.

SEBELUM



SESUDAH



Nah bagaimana guys, mudahkan cara ngetone dari photoshop? Masih penasaran? Ayo langsung dicoba di rumah guys. Semoga tips ini bisa menjadi inspirasi kalian semua dalam mempelajari dunia edit foto guys.



Catatan : Untuk hasil editan dengan cara ini hanya berlaku di beberapa jenis gambar saja. Perhatikan kembali hasil gambar yang sudah ada. Gambar dengan jenis editan ini akan mengarah ke tone kebiru-biruan.