Amankah Bersepeda Di Tengah Polusi Kemdaraan?

WAGON
#Sehat Yuk!
Photo: Amankah Bersepeda Di Tengah Polusi Kemdaraan?

LAKEYBANGET.COM- Saat ini, kesadaran akan pentingnya kesehatan menunjukkan peningkatan, dengan salah satu indikatornya adalah semakin tingginya minat berolahraga. Salah satunya adalah olahraga bersepeda. Hobby yang murah meriah ini semakin hari semakin banyak penggemarnya utamanya di kota-kota besar.  Hal ini tentunya kemudian menimbulkan pertanyaan yang menggelitik, " amankah bersepeda di tengah kepungan asap polusi di tengah kota? "  Beberapa penelitian memaparkan beberapa efek negatif paparan polusi bagi kesehatan, terutama polusi dari knalpot kendaraan bermotor. Namun disisi lain, paparan polusi tersebut tidak akan menimbulkan efek negatif yang signifikan apabila dibarengi dengan aktifitas fisik yang intensif seperti bersepeda.



Kesimpulan ini diperoleh dari hasil penelitian dari Queensland University of Technology (QUT) yang ingin mempelajari  dampak paparan dan volume polusi udara serta rute bersepeda terhadap kondisi kesehatan. Penelian tersebut menemukan kesimpulan bahwa bernafas di udara yang mengandung polusi kendaraan sepanjang jalan selama pagi dan sore hari hanya berdampak kecil bagi kesehatan pengendara sepeda.

Meskipun dampak polusi terhadap kesehatan pegowes cukup sedikit,tentu saja diharapkan pengendara sepeda tetap bijak dengan berusaha semaksimal mungkin tidak terpapar oleh asap polusi. Mencari rute yang lebih sedikit dilewati kendaraan bermotor tentu akan mengurangi jumlah partikel udara kotor yang dihirup. Pengendara sepeda yang menderita keluhan asma sangat dianjurkan menyusuri jalan yang kurang padat. Karena partikel emisi kendaraan bermotor bisa berdampak buruk pada sistem pernapasan.