Indonesia Bangga Mempunyai Ahnaf Fauzy Profesor Cilik Asal Gunung Kidul

Famous quote
People
Photo: Indonesia Bangga Mempunyai Ahnaf Fauzy Profesor Cilik Asal Gunung Kidul

LAKEYBANGET.COM- Guys anak-anak Indonesia kini kian maju dan berkembang. Bahkan, beberapa dari mereka berhasil menorehkan prestasi yang boleh dikatakan besar. Bakat-bakat anak bangsa ini memang perlu dikembangkan untuk kemudian dapat berguna bagi negeri. Salah satu anak bangsa yang berhasil mengundang decak kagum adalah Ahnaf Fauzy Zulkarnain. Meskipun ia tinggal di desa dan baru duduk di bangku Sekolah Dasar, tapi ia sudah dijulkuki Profesor Cilik. Ahnaf merupakan seorang pelajar yang masih duduk dibangku kelas 6 di SD Karangejek II, Desa Siraman, Gunung Kidul, Yogyakarta.



Di usianya yang menginjak 12 tahun, Ahnaf telah memiliki inovasi unik yang membantu para petani di daerahnya. Dia berhasil menjadi penemu Alat Perontok Jagung yang sudah dimanfaatkan di desa. Dilansir dari Good News From Indonesia, alat ini tercipta berkat kesadarannya ketika dirinya mencoba merontokan jagung dengan menggunakan tangan kosong. Menurutnya, merontokkan jagung dengan menggunakan tangan ini tidak efektif dan akan membuat tangan menjadi perih dan kadang lecet.



Kemudian dia menciptakan mesin perontok jagung yang berbentuk silinder dengan bantalan karet yang tentunya sangat mudah digunakan. Cara penggunaannya jagung tinggal ditempelkan pada bagian yang berputar pada mesin yang secara otomatis merontokkan jagung. Mesin ini pun dapat digunakan secara manual dengan memutar tuas maupun menggunakan energi listrik. Keren, kan?

Menariknya, mesin ini tak hanya digunakan sebagai perontok jagung, tapi bisa juga digunakan mengiris singkong. Pasalnya, papan kayu berbentuk lingkaran yang ada pada mesin dilengkapi dengan mata pisau untuk mengiris singkong.



Cara kerjanya pun cukup mudah, singkong yang ada tinggal ditempelkan pada papan kayu, kemudian papan kayu tersebut diputar, mata pisau yang ada pada papan tersebut akan memotong singkong dengan sendirinya. Kedua fungsi membuat alat ciptaaan Ahnaf memiliki keunggulan tersendiri. Ia menemukan alatnya di bawah pengawasan sang ayah karena mesin kreasinya ini menggunakan pisau tajam serta membutuhkan aliran listrik. Setelah alat ini selesai dikerjakan, ia melakukan eksperimen lanjutan yang langsung ditujukan pada masyarakat.



Hasilnya pun luar biasa. Mesin perontok jagung ini sangat bermanfaat bagi para petani dan pemilik usaha jagung dan singkong. Berkat penemuannya ini Ahnaf mendapat penghargaan sebagai peneliti Cilik Terunggul Kalbe Junior Scientist Award pada tanggal 26 Juli 2016 lalu mengalahkan 900 peserta lainnya. Untuk siswa SD, ini merupakan prestasi yang membanggakan, bukan?

Yuk disimak guys videonya