Nih Guys Manusia Pertama Yang Berhasil Ke Luar Angkasa

Famous quote
People
Photo: Nih Guys Manusia Pertama Yang Berhasil Ke Luar Angkasa

LAKEYBANGET.COM- Salah satu prestasi terbesar peradaban umat manusia adalah penjelajahan ke luar angkasa. Setidaknya impian manusia untuk menjelajah alam semesta sudah muncul dalam novel “From the Earth to the Moon” karya Jules Verne pada 1865 atau salah satu edisi komik petualangan Tintin. Namun baru pada 12 April 1961, manusia benar-benar bisa terbang ke angkasa luar dan menyaksikan bulatnya Bumi dengan mata kepala sendiri Dan manusia yang beruntung menjadi pionir ke angkasa luar adalah kosmonot Uni Soviet (sekarang Rusia) bernama Yuri Gagarin.



Dilansir dari The History Channel, Kamis (13/4/2017), Yuri Alekseyevich Gagarin lahir di Region Solensk, Rusia, pada 9 Maret 1934. Anak seorang tukang kayu itu dilaporkan bergabung dengan Angkatan Udara Rusia pada 1955. Ia lulus dengan hasil memuaskan dari Akademi Angkatan Udara Uni Soviet pada 1957. Setelah lulus, ia menjadi pilot pesawat tempur. Pada tahun 1959, ia terpilih untuk mengikuti pelatihan astronot sebagai bagian dari kelompok kosmonot Uni Soviet pertama.

Yuri Gagarin hanya melaksanakan satu misi antariksa pada 12 April 1961, yaitu mengitari bumi selama 108 menit dengan kecepatan 27.400 km per jam dengan pesawat ruang angkasa Gagarin, Vostok 1.



Titik tertinggi Yuri Gagarin berada pada 327 kilometer di atas bumi. Saat mengorbit, Yuri Gagarin tidak mengendalikan pesawatnya. Vostok dikendalikan oleh program komputer yang mengirimkan perintah kepada kapsul ruang angkasa tersebut melalui radio. Satu-satunya pernyataan Gagarin dalam misinya selama 1 jam 48 menit itu adalah: “Penerbangan berjalan normal, saya baik-baik saja.”

Gagarin kamudian mendarat dengan parasut. Sebagai pilot pesawat ruang angkasa Vostok 1, ia membuktikan bahwa manusia dapat bertahan dari sulitnya kondisi ketika lepas landas, memasuki atmosfer Bumi, dan dalam keadaan tanpa bobot. Setelah kesuksesan misi itu, Gagarin yang sebelumnya hanya seorang pilot penguji dan teknisi itu, langsung menjadi selebriti internasional. Dia mendapatkan penghargaan Order of Lenin dan mendapatkan gelar pahlawan Uni Soviet. Bahkan, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengakui pencapaian itu dengan menetapkan tanggal 12 April sebagai Hari Penerbangan Antariksa Internasional.



Banyak monumen dibangun di seluruh Uni Soviet dan banyak nama jalan diganti dengan menggunakan namanya. Kesuksesan Uni Soviet mengirimkan manusia untuk pertama kali ke orbit Bumi merupakan pukulan telak bagi Amerika Serikat yang merencanakan misi serupa pada Mei 1961. Amerika Serikat baru bisa menutupi rasa malu pada Februari 1962 setelah astronot John Glenn tiga kali mengorbit Bumi dengan menggunakan wahana Friendship 7. Namun, saat itu Uni Soviet sudah membuat lompatan baru dalam “perlombaan” ini ketika pada Agustus 1961 kosmonot German Titov mengorbit Bumi dalam Vostok 2.

Sayangnya, Yuri Gagarin tak lama menikmati status tenarnya sebagai manusia pertama di luar angkasa. Ia meninggal pada tanggal 27 Maret 1968, ketika pesawat MiG-15 yang dipilotinya dari Chkalovsky Air Base jatuh di dekat Kota Kirzhach, Moskow. Kemudian, ia dimakamkan sebagai pahlawan, dan abu jenazahnya dikebumikan di Tembok Kremlin.