Cuma Di Jepang, Es Krim Dengan Toping Ikan Mentah

WAGON
#dELiciOuS
Photo: Cuma Di Jepang, Es Krim Dengan Toping Ikan Mentah

LAKEYBANGET.COM- Mendengar kata es krim pasti yang langsung terbayang di benak anda adalah sajian dengan citarasa manis dan dingin yang diberi aneka toping yang tidak kalah manis dan lezat yang akan langsung lumer saat masuk ke dalam mulut. Tapi tidak untuk es krim yang satu ini. Ya, fish parfait adalah salah satu menu es krim yang unik dan aneh karena menggunakan toping berupa daging ikan mentah dan di buat tanpa menggunakan mesin es cream



Adalah Yuzuan, restoran kecil yang berada di Nankoku, Perfektur Kochi, Jepang yang pertama kali mengenalkan produk yang diberi nama “Fish Parfait” ini. Yuzuan sendiri dikenal dengan katsuo tataki atau daging ikan yang dipanggang sebentar sehingga bagian dalam daging masih mentah. Ikan mentah yang digunakan untuk menu dessert yang satu ini adalah jenis ikan bonito yang masih bagian dari keluarga ikan makarel. Tekstur ikan bonito ini agak keras dan memiliki kandungan lemak sedang. Mirip dengan ikan cakalang bahkan sebagian orang menjadikan ikan bonito sebagai pengganti ikan cakalang karena harganya lebih murah.

Fish Parfait disajikan tentu berbeda dengan parfait atau es krim pada umumnya. Mereka menggunakan es krim jahe sebagai dasarnya, lalu diberi tambahan aneka buah dan sayuran, katsuo tataki atau ikan bonito yang dipanggang setengah matang, whipped cream, irisan bawang putih dan beberapa potong wafer dan stik coklat. Tidak lupa juga taburan garam untuk menambah cita rasa es krim yang disajikan. Memang terdengar aneh, tapi para penggemar es krim ini seperti yang dilansir rocketnews24 merasakan sensasi yang berbeda. Citarasa jahe yang sedikit pedas bercampur dengan krim sangat cocok dipadukan dengan ikan sashimi yang disajikan.

Dessert yang sudah menjadi favorit sejak tahun kemarin ini tersedia dengan 3 ukuran yang berbeda, ada small, medium dan large. Harga yang dibandrol juga masih cukup terjangkau. Untuk ukuran small dijual dengan 490 yen, medium seharga 790 yen, sedangkan untuk ukuran large atau besar dijual dengan harga 999 yen atau setara dengan 130 ribu rupiah.