8 Buah Yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan Puasa

Ramadhan Ala LAKBAN
#Toples
Photo: 8 Buah Yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan Puasa

LAKEYBANGET.COM- Hai guys dalam menyiasati stamina di bulan puasa ini, bagaimana ya caranya? untuk menjaga stamina dengan asupan gizi yang baik di bulan puasa. Mengutip dari Gaya Hidup Sehat, Prof. DR. Made Asta wan, ahli teknologi pangan dan gizi dari Institut Teknologi Bandung (IPB) mengatakan, buah yang baik dikonsumsi di bulan Ramadan sebaiknya mengandung beberapa hal, yakni air, vitamin dan mineral, gula, serat, dan aroma yang enak. Kadar air dalam buah, kata Made, berguna untuk memberikan sumbangan cairan dan menyegarkan tubuh selama berpuasa. Vitamin dan mineral untuk membantu kelancaran proses metabolisme tubuh. Gula buah berguna untuk menaikkan kadar glukosa darah yang turun selama berpuasa. Serat pangan untuk memberikan rasa kenyang yang lama dan memudahkan proses buang air besar, sedangkan aroma untuk membangkitkan selera makan.

Nah guys berikut ini 8 buah yang dapat dikonsumsi saat bulan puasa, yuk disimak guys?

1. Blewah (Mencegah Kekurangan Cairan)



Kandungan kalium blewah sangat baik, 267 mg/100 g, natrium hanya 16 mg/100 mg. Rasio kalium-natrium 161. Makanan digolongkan sehat untuk jantung dan pem-buluh darah bila rasio kalium-na-trium minimal 51.

Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Nah, kalium yang tinggi memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh.

Blewah kaya akan gula dari mo-nosakarida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.