8 Etika Fotografer Dalam Memotret

Jepret
Edu-Jepret
Photo: 8 Etika Fotografer Dalam Memotret

LAKEYBANGET.COM- Perkembangan dunia teknologi fotografi sudah sangat berkembang pesat, mungkin berbeda ceritanya apabila saat ini masih belum ada kamera digital. Saat ini semua orang dapat membeli kamera DSLR yang dulunya khusus untuk kalangan professional, sayangnya perkembangan tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan etika fotografer dalam memotret.

Banyak yang menganggap pentingkah pengetahuan etika fotografer dalam memotret? Tentu saja sangat penting. Ada sebuah insiden beberapa saat lalu yang membuat tercorengnya dunia fotografi, yakni pada saat perayaan hari raya Waisak pada tanggal 25 Mei 2013. Saat itu perayaan Waisak yang dipusatkan di Candi Borobudur sangat ramai oleh pengunjung dan ratusan fotografer siap dengan kameranya. Belum termasuk pengunjung lain yang juga membawa kamera meski hanya kamera saku. Mirisnya, saat para biksu sedang memanjatkan doa di bagian atas Candi, banyak sekali fotografer yang merangsek masuk dan ‘menjepretkan’ kamera mereka dengan beringas tanpa permisi dan membuat kegaduhan.

Meskipun cahaya sorotan dari lampu cukup terang, tetap saja para fotografer menyalakan flash mereka. Tentunya hal ini sangat mengganggu peribadatan umat Budha yang sedang berkonsentrasi dalam berdoa. Kegaduhan semakin menjadi ketika para fotografer berebut posisi untuk mendapatkan angle terbaik, bahkan ada yang sampai naik ke stupa dan mendekat hingga 2 meter kepada biksu. Tentunya hal ini sungguh terdengar miris, dan tidak akan terjadi bila rekan-rekan fotografer mengetahui tentang aturan dan etika dalam memotret.

Ada beberapa aturan dan etika fotografer dalam memotret agar bisa menjadi fotografer yang sopan santun, beretika dan tidak asal-asalan saat sedang berburu gambar. Berikut di antaranya:

1. Patuhi peraturan pengambilan gambar



Di beberapa tempat sering tertera keterangan “dilarang memotret”. Biasanya tulisan tersebut ada pada area publik seperti SPBU, Mall, Museum, hotel dan lain-lain. Larangan memotret yang diberlakukan biasanya berkaitan dengan kenyamanan orang lain, kemanan atau bahkan hak cipta. Jika kamu adalah seorang fotografer yang baik, seharusnya mematuhi aturan tersebut.