Aspek Rasio Kamera DSLR

Jepret
Edu-Jepret
Photo: Model Ala Lakey

LAKEYBANGET.COM – Hallo guys, yang suka foto -  foto pasti sudah tidak asing dengan kata aspek rasio. Namun kebanyakan dari kita tidak terlalu mengerti atau bahkan tidak pernah menggunakan pengaturan ini. Nah kali ini lakey akan ngebahas apa itu aspek rasio dan kegunaannya ya guys.



Aspek rasio adalah perbandingan antara sisi panjang dan sisi pendek dalam sebuah foto ataupun video. Ada 4 standar aspek rasio di kamera DSLR yaitu, 3:2, 4:3, 16:9 dan 3:2. Biasanya kita mengomposisikan foto sesuai dengan apa yang sudah di set kamera kita, sehingga beberapa komposisi foto kurang pas. Setiap aspek rasio memiliki kegunaannya masing – masing seperti :

Aspek Rasio 3:2



Aspek rasio ini biasa kita dapati di hamper semua kamera DSLR yang juga menjadi standar setingan aspek rasio pada kamera tersebut. Aspek rasio ini pda umumnya baik untuk foto horizontal seperti pemandangan.

Aspek Rasio 4:3



Aspek rasio yang popular karena proporsinya yang cukup seimbang secara horizontal dan vertikal. Saat pengambilan foto vertikal, aspek rasio ini tidak membuat gambar begitu tinggi, sehingga tidak melelahkan mata saat melihatnya. Aspek rasio ini biasa di gunakan pada foto yang berorientasi portrait.

Aspek Rasio 1:1



Dimasa lalu, aspek rasio ini ditemukan di kamera large format. 1:1 juga disebut aspek rasio netral karena tidak berorientasi horizontal atau vertical. Aspek rasio ini biasa digunakan untuk foto pola dan detail.

Aspek Rasio 16:9



Aspek rasio ini biasa kita temui di film. Aspek rasio ini terkesan lebar dan sedikit pendek, dan biasa banyak digunakan untuk foto pemandangan atau membuat foto terkesan sinematik (seperti film).