Tips Buat Kamu untuk Memilih Smartphone dengan Smart!

Jepret
Edu-Jepret
Photo: source : aurabiru.com

Memilih gadget gampang-gampang susah. Terkadang kita urung dan menunda membeli karena tak bisa menentukan pilihan kita. Kadang juga terlalu cepat beli dan terlalu cepat pula menyesali kesalahan dalam memilih gadget yang satu ini.

Perkembangan gadget sangat cepat. Jangan-jangan sudah ada merk dan varian baru yang lebih menarik. Hingga kita membeli ponsel cerdas yang kurang memenuhi kebutuhan kita akan kinerja dan gaya atau tampilannya.

Menjadi pembeli cerdas? Mengapa tidak. Bahkan niscaya. Dengan membeli barang yang bagus, sesuai kebutuhan, kita tidak hanya puas. Manfaat yang tinggi pun bisa kita dapatkan. Utamanya untuk mendukung kerja dan aktivitas positip lainnya.

Ada banyak tips yang bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber. Mungkin kamu sendiri bisa menuliskan dan berbagai tipsmu kepada teman dan semua orang yang bisa kamu jangkau. Bahwa membeli sesuatu termasuk ponsel cerdas mestilah tidak sekedar menjadi gaya hidup tanpa nilai. Bahkan, dari pilihan ponsel cerdas mu, kamu bisa tahu kalau kamu tuh konsumen cerdas atau bukan.

Beberapa tips di bawah ini bisa jadi salah satu rujukanmu kala kamu pikir kamu harus membeli ponsel cerdas pertamamu atau mengganti ponsel cerdas mu dengan yang baru. 

1. Rumuskan kebutuhanmu

Kamu pelajar atau sudah bekerja. Apa jenis pekerjaan atau aktivitasmu. Dukungan apa yang diperlukan dari ponsel-cerdasmu? Bila kamu membutuhkan banyak aktivitas produktif yang harus dijalankan pada saat yang sama alias multi-tasking, tentu kamu butuh ponsel-cerdas yang memenuhi kriteria itu. Singkatnya ponsel-cerdasmu harus punya prosessor yang bagus dan RAM yang besar. Prosessor terkini misalnya Octa-core, dan RAM 3 sampai 4 GB. Namun perlu diingat bahwa ponsel dengan prosessor yang core-nya banyak dan RAM tinggi akan relatif membutuhkan batere dengan daya yang lebih tahan lama.

2. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Jangan hanya termakan iklan. Brand tertentu memang lebih dikenal, tetapi hanya modal informasi iklan tentang brand belum cukup untuk membuat pilihan cerdas. Seluk beluk kelemahan dari ponsel cerdas yang kamu lirik harus kamu kulik. Banyak ulasan yang bisa menjadi referensi. Jangan malas belajar tentang ini karena memang sudah zamannya.  

3. Pilih dan bandingkan spesifikasi

Dari dua tahap di atas, kamu bisa membuat beberapa pilihan ponsel cerdas apa yang akan kamu beli. Kalau sudah ada beberapa pilihan, coba kamu bandingkan. Tentu diupayakan perbandingannya ‘apple to apple’ alias relatif setara. Misal  dari kebutuhan dan informasi tentang beberapa merk yang beredar di pasaran kamu butuh kategori ‘low-end’. Itu berarti kamu tidak butuh spesifikasi yang ‘wow’ tapi keluaran paling akhir dengan tawaran beberpa teknologi dan fitur yang lumayan. Maka bandingkanlah kemampuan dan ketangguhan ponsel cerdas pilihanmu dari sisi spesifikasi.

4. Tentukan rentang budget

Ini juga bisa membantumu untuk tidak tergoda membeli sesuatu karena sekeddar murahnya. Atau malah membeli ponsel cerdas yang tidak terjangkau kocekmu. Lalu dengan enteng kamu ambil kredit alias cara membeli dengan cicilan untuk sesuatu yang sebenarnya tak terlalu kamu butuhkan.  

5. Pilih penjual yang terpercaya

Beli online mungkin bisa memudahkanmu mendapat barang murah dibanding di lapak konvensional. Namun, banyak hal yang harus kamu tahu tentang penjual yang tentu ‘maunya untung terus’. Oleh karenanya, memilih penjual terpercaya menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan sebagai konsumen cerdas. Spesifikasi, kondisi, harga, biaya pengiriman (bila beli online) semua layak dicermati. Plus syarat dan ketentuan menyangkut garansi dan layanan purna jual lainnya.