Profesi Aman di Masa Depan

WAGON
mading
Photo: sumber foto : roboticschampion.com

LAKEYBANGET.COM - Tak jarang ketika kamu berhubungan dengan internet kamu akan diminta konfirmasi  dengan suatu langkah untuk memastikan bahwa kamu bukan robot. Ya, robot yang dimaksud tak hanya robot yang secara fisik bisa melakukan pekerjaan memindahkan barang, menjinakkan bom, atau pekerjaan manufaktur di pabrik-pabrik saja.

Kali ini kita akan membahas topik  pekerjaan apa yang ‘masih aman’  tak bakalan digantikan robot di masa depan. Jadi, kamu semua bisa mengantisipasinya. Bahkan menjadikannya sebagai peluang, guys.  

Yang pertama adalah pekerjaan yang melibatkan  kreativitas murni, seperti menjadi seniman, menjadi ilmuwan, mengembangkan strategi bisnis baru.

Segala yang hand-made alias buatan tangan masih sangat dibutuhkan manusia. Lukisan asli, misalnya membutuhkan kreativitas, imajinasi, dan kemampuan khas yang dimiliki manusia yang belum tergantikan oleh intelijensia buatan.

Ilmuwan yang bekerja untuk menemukan hal baru sejauh ini masih belum bisa digantikan robot. Sebagai hasil penemuan manusia bagaimana robit bisa melakukan riset atau eksperimen? Kalau waktunta tiba ada robot ilmuwan mungkin manusia memang sudah diambang kepunahan.

Kreatifitas dalam membangun start-up atau bisnis baru juga masih akan didominasi manusia. Intuisi manusia untuk mengembangkan sesuatu yang ‘out of the box’ menjadi kelebihan dibanding robot. Para robot justru diciptakan untuk menjalankan instruksi dalam urutan-urutan tertentu sesuai program yang dirancang pengembangnya.

Kalau ada robot kreatif, mungkin malah cenderung melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan pengembang atau penggunanya, ya?   

Selanjutnya The Guardian menyebutkan bahwa  Area kedua adalah pekerjaan yang melibatkan membangun hubungan kompleks dengan orang-orang.

Perawat, misalnya, atau peran bisnis yang mengharuskan Anda membangun hubungan dekat dengan klien. Di masa depan harapan hidup manusia akan semakin tinggi. Lansia semakin banyak. Akses Kesehatan semakin tinggi. Walaupun banyak yang bisa mengembangkan aplikasi atau teknologi pendukung namun, layanan perawat yang mengubungkan berbagai piranti kesehatan tetap dibutuhkan.  

Area ketiga adalah pekerjaan yang sangat tidak dapat diprediksi - misalnya, jika Anda adalah tukang ledeng yang dipanggil ke keadaan darurat di lokasi yang berbeda.  Pekerjaan maintenance, reparasi, dan mengatasi keadaaan darurat masih akan dibutuhkan di masa depan. Ada hal-hal tertentu yang masih akan membutuhkan sentuhan tangan manusia.

Dia mengatakan bahwa dia percaya bahwa 2020-an akan menjadi satu dekade bukan pengangguran, tapi pemindahan. Jadi, siapapun kamu yang saat ini masih muda dan sedang bersiap untuk masa depan jangan ragu untuk selalu mencari pengetahuan baru, kemungkinan menguasai profesi baru, yang masih punya prospek.

Karena pekerjaan-pekerjaan tertentu akan digantikan robot. Lihatlah, para robot itu bisa  menyusun musik asli, misalnya, dan mengalahkan pemain profesional di papan catur dengan  dengan langkah kreatif.

Termasuk yang mencengangkan adalah peran ruhaniwan. Walau kemungkinan digantikan oleh robot hanya 0,8 persen namun, sudah ada aplikasi seperti Confession yang menawarkan "menu drop-down untuk melacak dosa".