Tips Buat Rencana Backpacking Pertamamu

WAGON
#TravelUpdate
Photo: sumber foto :rei.com

Jalan-jalan alias berwisata banyak caranya. Ada yang ala koper, ada juga yang ala ransel. Ala koper untuk kamu yang punya cukup banyak uang dan ingin jalan-jalan tanpa ribet. Uang gak masalah yang penting nyaman dan aman.

Ala ransel alias backpacker adalah istilah yang digunakan untuk kamu yang suka berpetualang. Hemat dan ingin menikmati perjalanan yang gak mainstream. Ini tidak berarti kamu wajib jadi miskin dulu lho Guys. Ini lebih soal filosofi dan gaya hidup. Ups, apa hubungannya ya?

Setidaknya dengan jumlah uang yang sama kamu bisa menjangkau lebih banyak tempat dengan backpacking dibanding dengan cara ‘turis kaya’. Pengalaman juga bakalan lebih seru. Bahkan, jurnal perjalanannya bisa ditulis menjadi kisah yang heboh.

Gak hanya foto selfie di bandara yang bisa kamu bagi  lewat sosmedmu. Tapi juga terminal bis, bahkan pangkalan angkot dan ojek. Bukan hanya jalan tol, jalan tembus dan jalan tikus pun akan jadi bagian indah perjalananmu.   

Ada banyak pengalaman yang telah ditulis para backpacker kondang. Kali ini, lakeybanget akan memilih dan menyajikannya buat kamu. Tapi inget ya, kalau dah jadi backpacking beneran, bagi ke kita-kita nih pengalamanmu..

Ini dia, tips kita buat kamu yang ingin memulai jalan-jalan ala ransel :

  • Siap mental alias berani dengan perhitungan matang.
Kalau gak berani alias ngeper yang jangan dipaksain. Keberanian itu soal mental dasar yang riskan kalau dimanipulasi. Berani ya berani. Enggak ya enggak. Persiapan mental sangat penting bagi mereka yang ingin berpetualang ala backpacker.

Karena pada dasarnya, kesulitan dan ketidaknyamanan yang akan dihadapi sebagai bagian dari kedahsyatan perjalananmu, guys. Resiko selalu ada dalam setiap langkah, yang penting mental siap.

  • Siapkan referensi selengkap mungkin
Banyak pengalaman yang ditulis para packpacker dalam blog-nya. Itu akan menjadi salah satu bahan buat kamu untuk berhitung dan merencanakan perjalanan hebatmu. Pengalaman adalah ilmu dan guru, termasuk pengalaman orang lain. Meski semua kisah tetap harus dicerna secara cermat dan proporsional.

Referensi tentang tempat, cara mencapai, iklim dan cuaca, makanan di tempat tempat yang akan kamu tuju menjadi bahan yang akan sangat berguna bagimu untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi.

  • Bikin rencana perjalanan yang matang
Rencana perjalanan  tetap diperlukan untuk perjalanan backpacking mu. Bertualang bukan berarti tanpa perhitungan dan gak punya rencana. Justru rencananya harus lebih rapi dan detail. Perubahan dan antisipasi kejadian yang tidak harapkan tetap menjadi tantangan tersendiri.

Backpacking itu bukan jalan-jalan sepekan, kata salah seorang backpacker berpengalaman. Perjalanan backpacking bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Melintasi beberapa negara, atau wilayah yang relatif luas. Jadi rencana perjalanan itu tetap penting.

  • Bawa bekal secukupnya
Di ranselmu yang katakanlah 16 liter kapasitas atau volumenya, jangan ada terlalu banyak barang. Usahakan hanya barang yang sangat penting. Namun, jangan pula barang yang penting kamu gak bawa.  

Bekalnya apa? Baju, jangan bawa banyak-banyak. Kamu harus bersiap untuk nyuci di tempat kamu singgah. Sleeping bag, obat-obatan, peralatan mandi. Sepatu jangan yang perlu perawatan khusus.Bekal uang juga penting tapi jangan banyak-banyak. Buku catatan, alat komunikasi, juga wajib masuk dalam daftarmu.

  1. Manfaatkan jejaring komunitas backpacking
Dengan memanfaatkan komunitas backpackig kamu bisa dapat beberapa alternatif yang bisa membantu memenuhi kebutuhan perjalananmu. Misalkan saja akomodasi alias penginapan. Ada teman-teman backpacker yang mungkin tinggal di suatu lokasi yang ada dalam daftar perjalananmu. Mereka sangat mungkin akan menyediakan tempat singgah dan menginap buatmu.

  • Berbaur dengan khalayak
Yang ini dimaksudkan agar kamu bisa mendapatkan informasi atau barang kebutuhan tertentu dengan murah. Gak hanya itu, pengalamanmu juga bisa nambah. Guys. Kamu juga bisa melakukan semacam riset yang akan menjadi sesuatu yang bernilai untuk dibagi dengan orang lain.

Dari sisi keamanan dan kenyamanan juga demikian. Kamu tidak terlihat menjadi orang asing, dan berbagai pertolongan tak terduga mungkin saja akan meghampirimu jika kamu bisa menjalin keramahan dan interaksi positip dengan masyakarat dimana kamu singgah.

Okay, ini tips untuk kali ini. Ingat ya guys, kalau kamu jadi jalan-jalan, lakey banget selalu menanti kisah serumu !