10 Kunci Sukses Entepreneur (Bagian 1)

WHAT`S UP
mading
Photo: thefruggalmillenial.com

LAKEYBANGET - Kamu mau jadi pengusaha? Mengapa tidak dari sekarang kamu menjajaki kemungkinan dan menyiapkan langkah-langkah ke arah sana. Banyak teladan sukses yang bisa menginspirasi langkah-langkahmu untuk jadi pengusaha.

Tidak salah memilih menjadi karyawan atau pekerja pada perusahaan apalagi perusahaan besar. Prestisius, gaji besar, dan peluang karir yang bisa menjadikanmu eksekutif terpandang. Tapi tak selamanya juga kamu bekerja pada orang lain, suatu saat juga pasti akan pensiun. Nah, sampai di sini pengetahuan dan wawasan entepreneurship tetap kamu perlukan.  

Orientasi bekerja pada orang lain masih terlalu tinggi dan tertanam kuat dalam cara pandang masyarakat Indonesia. Hal itu tentu saja mempengaruhi kultur pendidikan yang mentransformasikan nilai-nilai dalam masyarakat dari generasi ke generasi. Angkatan kerja yang lulus pendidikan sekolah kejuruan, diploma, strata satu, bahkan strata dua terus bertambah. Semua butuh dan berburu lapangan kerja.

Di sisi lain, persentase entepreneur di negeri kita masih sangat kecil. Ini juga menjadi masalah hingga peluang kerja relatif terbatas. Nilai budaya dalam masyarakat sebenarnya punya sisi plus-minus dalam konteks hubungan antara motif bekerja dan membangun usaha sendiri.

Sekarang ini, membangun usaha sendiri sebenarnya sudah mulai menuai gengsi tersendiri. Dari istilahnya saja sudah keren. Membangun start-up alias bisnis baru. Walau memang istilah ini lebih sering digunakan pada bisnis berbasis digital dan financial technology.    

Ada beberapa catatan kecil yang bisa kamu pelajari dan renungkan. Ini diantaranya :

  • Cintai apa apa yang kau lakukan
Pilihan usaha dan dunia usaha harus menjadi sesuatu yang memang disukai bahkan dicintai. Bukan sesuatu yang dipaksakan. Dengan demikian seluruh perhatian, pikiran, dan tenaga akan tercurah ke sana.

Hambatan dan proses jatuh-bangun akan menghadang. Dengan modal minat dan kecintaan pada dunia usaha dan jenis usaha yang ditekuni, proses akan dilalui dengan lebih kuat. Tak mudah patah arang.

  • Langkah Kecil Yang Terukur
Gak sabaran pingin bikin lompatan besar sudah menjadi sifat banyak orang. Memang ada beberapa orang yang mempertaruhkan segalanya untuk sebuah langkah berani dan berhasil membuat kejutan keberhasilan besar. Namun, resiko selalu mengintai.

Pengusaha sejati berangkat dengan perhitungan yang matang. Langkah berani tetap terukur. Langkah kecil tapi konsisten lebih menjanjikan keberhasilan. Tetap harus berani mengambil resiko tapi jangan nafsu mau cepat gede atau tergoda rayuan seseorang ketika bisnis kita tengah merangkak pelan.  

  • Mau Belajar dari Orang Lain
ATM atau amati-tiru-modifikasi sudah banyak disinggung di berbagai kesempatan dan tulisan. Pada prinsipnya, calon pengusaha harus banyak belajar dan mau belajar dari orang lain. Karena pengetahuan terkait dunia usaha sangat luas. Perubahan iklim dan lingkungan usaha juga terus-menerus berlangsung. Persaingan usaha apalagi.

Jadi, mau belajar adalah salah satu kunci agar kamu berhasil jadi pengusaha. Pengetahuan dan pengalaman  orang lain akan membuatmu lebih cermat, tidakmengulang kesalahan karena bisa belajar dari pengalaman orang lain.

 

  • Swa-promo
Sebagai pengusaha yang sedang mengawali usaha, kamu harus bisa belajar dan mempraktikkan langkah-langkah untuk mempromosikan dirimu. Hingga rekanan atau calon pelanggan akan menaruh respek dan melihatmu sebagai pribadi yang layak dipercaya.

 

  • Terus Melangkah
Konsisten untuk bergerak dan ‘move on’ dari kegagalan-kegagalan kecil menjadi ciri pribadi yang layak jadi pengusaha. Irama gerak sebagai pengusaha harus dijaga. Sehingga tahapan-tahapan yang dilalui tak sia-sia. Orang lain pun akan melihat kamu memang serus untuk menjaddi pengusaha.   

  • Buat Rencana
Eksekusi memang penting. Namun perencanaan adalah langkah yang tak boleh diabaikan. Kegagalan menyusun rencana adalah awal dari kegagalan bisnis. Ketidakmampuan melakukan apa yang sudah direncanakan adahal hal lain yang terkait dengan faktor internal dan eksternal yang kamu hadapi.

Rencana akan membuatmuu fokus. Rencana akan menjadi pemandu bagi langkahmu sebagai pengusaha.

Kali ini kita batasi dulu sampai sekian. Kapan hari kita akan bahas langkah kainnya terkait bagaimana membangun reputasi, tak ada kata terlambat untuk memulai, Membuat Tim Unggul, dan menjaga sikap dan disiplinmu sebagai kunci-kunci lainnya dalam membentuk diri menjadi pengusaha.

So, jangan lupa ikuti tulisan berikutnya nanti ya?