Melintas Batas Melalui Komunitas

WHAT`S UP
mading
Photo: facebook

Apa kamu ikut menjadi pengurus atau menjadi anggota komunitas tertentu? Tentu disadari atau tidak kamu adalah anggota suatu komunitas. Karena kamu tak hidup sendiri. Dan komunitas itu sifatnya cair, batasannya longgar. Bukan hanya komunitas yang secara formal meneguhkan dirinya dengan branding tertentu.

Dalam ulasan ini, mungkin kita memang akan banyak bersinggungan dengan komunitas yang terorganisir. Berangkat dari kesamaan tertentu, beberapa orang biasanya menginisiasi sebuah komunitas. Informasi keberadaan komunitas terbantu oleh berkembangnya media sosial. Pun rekrutmen keanggotaan, program, dan berbagai informasi lainnya.

Di zaman medos, kamu mungkin semakin tak asing dengan komunitas. Komunitas  mengakomodasi kebutuhan sosialisasi, berbagi informasi, berbagi rasa, berbagi donasi, dan sebagainya. Alumni sekolahan misalnya, adalah salah satu contoh komunitas yang paling banyak berkembang saat ini. 

Komunitas menjadi semacam  gerakan kultural yang memiliki andil besar dalam masyarakat. Banyak gagasan bisa dipertemukan. Sumber daya manusia, sumber daya finansial, dan sumber daya informasi menjadi kekuatan yang bisa dipadukan menjadi gerakan yang membawa manfaat bagi khalayak. Ada yang menyumbangkan tenaganya, ada yang urun keahliannya, ada yang berkontribusi dengan dananya.

Ok, guys. Berikut ini pengantar dari lakeybanget untukmu seputar komunitas. Tentu klasifikasi di bawah ini hanya untuk memudahkan dan bukan membatasi. Mungkin ada yang belum tercakup, mungkin juga ada yang beririsan. Simak dulu ya! Tentu komentarmu kami tunggu..

Komunitas berbasis kesamaan asal daerah

Komunitas ini biasanya dimanfaatkan oleh para perantau dari salah satu daerah yang tingga di suatu kota besar. Romantisme pada kampung halaman, kesamaan bahasa, dan latar belakang nilai budaya ‘saudara serantau’ mengokohkan keberadaan komunitas ini.   

Ekses kedaerahan justru bisa dilenturkan tatkala komunitas semacam ini berkembang di suatu kota. Karena para anggota komunitas dalam programnya akan bersinergi dan berinteraksi dengan komunitas lainnya.

Komunitas berbasis latar belakang asal sekolah

Ini juga komunitas yang unik. Misalnya, ada komunitas orang-orang dari berbagai daerah yang pernah sekolah di sebuah SMA di Jogja. Lalu kembali berdiaspora di berbagai belahan negeri. Maknanya sangat besar bagi membangun Keindonesiaan lho, Guys..

Walau tak jarang banyak ditemui pergesekan gagasan dan perbedaan sudut pandang dalam berbagai hal. Komunitas ini tetaplah memiliki makna yang sangat penting. Ini bisa jadi semacam gerakan pemuda Indonesia yang tengah menapaki sejarah untuk merumuskan Indonesia baru pasca Soempah Pemoeda 1928. 

Komunitas berbasis Hobi atau Interest

Komunitas ini cukup banyak berkembang. Kadang membuat kita terkaget-kaget. Eh, ternyata ada Komunitas Pecinta Mamalia atau Komunitas Penggemar Mainan Jadul di sekitar kita.

Komunitas Doodle Art di Bandung juga tergolong unik. Hobu mereka menggambar dengan teknik tertentu ternyata bisa mendorong mereka bergabung dalam suatu komunitas. Sesi bersama menggambar doodle dan membuat mural menjadi sesi yang rekreatif sekaligus bisa mengartikulasikan gagasan mereka.

Komunitas pehobi off-road juga menarik dicermati. Mereka tak identik dengan bersenang-senang main lumpur dengan mobil-mobilnya. Tak jarang merekalah yang digandeng lemabag atau komunitas lain untuk kegiatan amal ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.  

Komunitas berbasis Area

Salah satu komunitas dengan anggota terbanyak dan aktif di media sosial khususnya FB adalah ICJ atau Info Cegatan Jogja. Dari namanya, komunitas ini terkesan unik. Kesannya, informasi tentang dimana saja polisi lalu lintas tengah menggelar razia. Namun, belakangan informasi ini justru sangat efektif. Tentang jalan rusak, kecelakaan, kriminalitas, dompet hilang, dan berbagai informasi penting bisa didapat anggota komunitas ini.

Update berita di komunitas ini bisa ngalahin media online yang punya wak media di mana-mana, lho. Tentu saja setiap anggota komunitaslah yang berperan menjadi semacam ‘citizen journalist’ dan memberikan laporannya melalui status. Bahasa dalam status dan komentarnya memang apa adanya dan tak jarang jenaka.   

Nah, kita bisa kembangkan lagi ulasan tentang komunitas ini. Lakeybanget menunggu info tentang komunitasmu. Sila kirim ke email kami..