Ingin Jadi Pengembang Aplikasi Android?

WHAT`S UP
mading
Photo: wizbiztechno.com

LAKEYBANGET.COM- Masa Depan sudah Di depan mata Guys ! Kita tidak hanya melihat jauh ke depan. Lima atau sepuluh tahun lagi adalah masa depan yang akan terasa cepat menghampiri kita. Bagi kamu yang masih berada di usia remaja dan pra-dewasa, ada baiknya kamu semakin fokus dengan masa depanmu.

Digitalisasi dan Internet of Thinking akan segera menghampirimu. Kamu bisa menjadi unggul dalam beberapa hal, bila kamu menyiapkannya sejak sekarang agar bisa bersaing dengan mereka yang tidak hanya datang dari dalam negeri tetapi juga pencari kerja dari luar negeri.

Dalam kacamata industri 4.0 setidaknya ada tiga hal yang kamu bisa jadikan panduan dalam mengasah kompetensimu. Yaitu penguasaan sistem koding, penguasaan Bahasa Inggris (dan bahasa asing lainnya), serta penguasaan statistik.

Ketiga hal itu untuk mengantisipasi perkembangan dunia kerja dan industri yang akan semakin kompleks. Ekosistem bisnis berubah, terintegrasi satu sama lain, dan persentuhan antara fisik dan siber dalam satu sistem akan semakin terlihat. Lihatlah ketika Astra ikut mendukung pendanaan Go-Jek, itu artinya kemampuan operasional Astra akan saling mendukung dengan kemampuan inovasi online yang dimiliki Go-Jek.

Jadi buat kamu yang berminat, apa sih pekerjaan yang menjanjikan di masa depan? Salah satunya adalah menjadi pengembang aplikasi. Aplikasi inilah yang akan menghubungkan orang baik secara horisontal maupun vertikal. Antara tempat yang satu dengan tempat yang lain. Dan antara penyedia  barang atau jasa dengan pengguna.

Pada laporan perusahaan riset dan analisis aplikasi disebutkan  penduduk Indonesia tercatat sebagai salah satu pengguna aplikasi mobile paling aktif di dunia, bersaing dengan negara-negara seperti Cina, India, Brazil, dan Korea Selatan.  Indonesia juga tercatat menduduki peringkat tertinggi dalam kategori lama penggunaan aplikasi mobile per hari. Rata-rata pengguna smartphone di Indonesia menghabiskan waktu mencapai hampir 250 menit (lebih dari empat jam) dalam sehari.

UMKM punya harapan untuk bisa bergerak menjadi pemain utama ekonomi. Walaupun perusahaan besar pasi juga akan melakukan upaya agar bisa bertahan. Bagaimana nasib para konglomerat di era digital, atau seperti apakah sosok konglomerat abad mendatang? Lain kali kita bahas ya

Kali ini kita bahas tentang prospek menjadi pengembang aplikasi. Banyak perusahaan  ingin mengembangkan layanannya agar mudah di akses melalui ponsel yaitu dengan membuat aplikasi layanan perusahaan di android.

Hal ini membuktikan bahwa ada banyak perusahaan yang akan merekrut developer android. Aplikasi android berkembang dengan sangat cepat, sehingga memilih pekerjaan untuk menjadi seorang developer android merupakan pilihan karir yang cerdas dan menjanjikan

Apa langkah yang perlu kamu lakukan untuk menyiapkan diri menjadi pengembang aplikasi android?

Secara ringkas, untuk menjadi seorang developer android, anda tidak hanya harus tahu cara membuat aplikasi android, tapi dibutuhkan persyaratan sebagai berikut:

1. Cari pendidikan yang tepat

2. Berlatih dengan mengerjakan proyek sungguhan

3. Mencari forum dan komunitas pengembang aplikasi

4. Kuasai bahasa pemrograman Java

5. Pahami dan pelajari dengan seksama  arsitektur android (design, komponen aplikasi, penggunaan navigation, dan lain-lain)

6. Kembangkan daya kreativitas Anda. Jangan belajar menggunakan metode “copy – paste”.

7. Pelajari banyak hal, seperti penggunaan Android studio atau Eclipse IDE

8. Banyak membaca buku-buku, tutorial dan ikuti kursus

9. Follow orang-orang yang sudah terkenal di bidang Android development