Jaket yang Sesuai dengan Bodimu

WHAT`S UP
#TrendingNow
Photo: tribunnews.com

LAKEYBANGET.COM- Jaket menjadi busana yang populer. Termasuk di Indonesia yang beriklim tropis. Terutama untuk aktivitas luar ruang seperti berkendara, camping, atau saat cuaca hujan dan angin kencang. Inilah beberapa rekomendasi jaket yang sesuai dengan tipe bodi mu.

Bomber Jaket  untuk pria berbodi atletis atau foto model. Jaket ini termasuk jaket favorit untuk pria yang mendambakan kesan atletis. Cocok untuk bodi atletis yang cenderung berbentuk trapesium. Bahu lebar, pinggang ramping namun tidak seekstrim binaragawan. Atlet lari atau perenang memiliki bodi semacam ini.  Beberapa waktu lalu jaket model bomber ini, yang membawa kesan military look, dipakai oleh Presiden Jokowi. Foto Presiden dengan jaket bomber itu sempat viral di beberapa media karena membawa kesan tegas dan atletis.

Pea Coat – tipe jaket ini sesuai untuk bodi binaragawan. Invetred Triangle atau Segitiga terbalik.  Bodi yang dimiliki oleh mereka yang rajin nge gym ini memang termasuk bodi ideal. Pinggang ramping yang ekstrem bila dibandingkan dengan lebar bahu dan lengan yang menonjol. Walau bagi tongkrongan foto model, baju apapun akan relatif cocok.

Motorcycle Jacket – Jaket ini sesuai untuk bodi persegi. Bahu sampai pinggang terkesan rata. Bentuk bodi yang semacam ini lebih baik menggunakan jaket pemotor yang bisa membawa kesan jantan dan pinggang yang terlihat ramping. Jaket pemotor biasanya juga menambahkan semacam bantalan pelindung di pundak hingga bentuk bahu lebih lebar.

Long trench coat – Jaket ini sesuai untuk bodi oval. Ini bodi yang kurang ideal. Perut relatif buncit, pinggang lebar. Kesan tambun dan bulat bisa disiasati dengan trench coat panjang yang menutupi tubuh bagian bawah. Pinggang terkesan lebih ramping juga bahu agak terangkat. Hingga kesan gagah masih bisa didapatkan dengan menggunakan trench coat yang panjang.

Structure Blazer – Jaket ini cocok untuk bodi segitiga, bukan segitiga binaragawan tetapi yang sebaliknya.  Bahu sempit dan semakin melebar ke bawah. Untuk bodi semacam ini diperlukan manipulasi agar bagian bawah tidak terlihat menonjol dan bahu tidak terkesan sempit. Blazer ini cenderung memperlihatkan atau menonjolkan bagian dada atau bagian atas tubuh dan menyembunyikan bagian bawah.   

Trench Coat – untuk slim curve.  Bodi kerempeng sangat cocok menggunakan trench coat yang pendek. Kesan badan lebih berisi dan gagah. Banyak juga model yang berbadan type ini. Apalagi model perempuan. Hanya saja untuk daerah beriklim tropis seperti di Indonesia penggunaan jaket model trench coat kurang populer. Mungkin para desainer bisa membuat trench coat yang lebih ramah dengan iklim tropis.