Kenali Pisau Dapurmu

WHAT`S UP
mading
Photo: montage

LAKEYBANGET.COM- Beragam jenis pisau dapur kini bisa kita temui. Dulu mungkin Emak kita hanya punya satu jenis pisau dapur. Bapak kita hanya punya golok. Hari gini, pisau dapur modern di gelar di lapak dengan berbagai ragam dan ukuran. Masing-masing punya fungsi khusus. Punya spesialisasi, layaknya dokter saja ya?

Buat kamu yang punya passion untuk jadi chef atau terjun ke dapur kuliner, pengenalan tentang ragam dan fungsi pisau sangat perlu. Agar kamu bisa kerja dapurmu bisa makin asyik dan karya kulinermu bisa semakin berkualitas.

Dulu, beragam pisau dapur hanya beredar di kalangan menengah atas. Terlalu mahal dan ribet bagi orang kebanyakan untuk membeli pisau berjenis-jenis. Kini, dengan meluasnya kebutuhan dan hobi kuliner, beragam pisau dapur itu ada dan bisa kita beli dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk sehari-hari kamu bisa menggunakan beberapa jenis pisau. Istilah ini pisau yang sebaiknya kamu pakai dalam keseharian. Karena berbagai fungsi dasar kerja dapur hampir selalu menggunakannya, Antara lain pisau chef knife, santoku knife, paring knife. bread knife, dan utility knife.

Chef's Knife

Ini jenis pisau yang paling populer.Chef's Knife atau Pisau Koki ini adalah salah satu pisau dapur multiguna yang sangat sering digunakan untuk potong memotong. Tak hanya para koki, hampir semua dapur memiliki jenis pisau ini.  

Di kehidupan sehari-hari pisau ini dapat digunakan untuk banyak sekali hal dimulai dari memotong, mengiris, dan membentuk potongan menyerupai dadu

Yang juga bisa dilakukan dengan pisau ini adalah mencacah atau hingga memotong bahan makanan sampai bentuk-bentuk yang kecil (biasanya sayuran).

Santoku Knife

Pisau ini digunakan untuk mengiris atau mencacah.  Bilahnya cenderung datar namun sedikit melengkung sekitar 60 derajat dibagian ujung seperti kaki domba, panjang bilahnya biasanya berkisar antara 13-20 cm. Sisi tajamnya yang rata, tidak melengkung, memudahkan dalam mencacah bahan makanan.

Seperti arti katanya, Santoku sendiri merujuk pada 3 kegunaan utama yang paling baik dilakukan oleh jenis pisau ini, yakni Slicing (mengiris), Dicing (memotong dadu), dan Mincing (mencincang). Karenanya, Chef Knife versi Asia ini mengandalkan gerakan memotong tegak lurus, daripada gerakan rocking yang familiar bagi Chef Knife biasa.

Paring Knife

Pisau ini sering dipakai untuk seni mengukir buah dan sayuran karena bentuknya yang kecil, lebih pendek dan melengkung. Dengan desain pisau yang seperti ini membuat pemakaiannya lebih fleksibel saat digunakan untuk mengukir buah dan sayur-sayuran.

Memiliki bentuk yang lebih sederhana dengan tepi pisau yang jauh lebih kecil.

Bahkan panjangnya saja hanya berkisaran 5-10 cm, pisau ini sangat membantu tugas koki dalam hal mengupas buah, memotong sayuran, memisahkan kulit udang, sampai membuat hiasan halus pada makanan.

Bread Knife

Memotong roti gampang-gampang susah. Dengan pisau biasa, potomgan bisa tidak rapi atau bahkan bisa hancur. Pisau Roti inilah solusinya. Desainnya memudahkan pengguna untuk membuat irisan yang cantik.

Cirinya, panjang dan bergerigi. Gerigi inilah yang membantu irisan roti menjadi rapi. Dengan bilahnya yang panjang, maka dengan sekali gerakan terciptalah potongan yang diinginkan.

Ada pisau roti dengan jenis pegangan klasik dan ada juga pisau roti dengan pegangan offset. Pegangan offset dirancang dengan posisi lebih tinggi untuk menghindarkan dari resiko jari teriris. Walau denikian banyak juga orang yang lebih merasa nyaman dan memilih bentuk pegangan yang klasik.

Utility Knife

Pisau serbaguna untuk berbagai jenis kebutuhan ringan. Pisau ini merupakan pisau standar yang biasa digunakan untuk segala potongan ringan serba guna

Kamu bisa memotong sandwich sampai mengiris daging. Ibaratnya, bila kamu belum merasa perlu pisau khusus untuk memotong sandwich, kamu bisa gunakan pisau ini. Atau bila kamu tidak terlalu sering memasak dengan bahan daging, maka sesekali saat kamu berkencan dengan daging di dapur, kamu bisa gunakan pisau multiguna ini.

Kalau lihat gambar ilustrasinya, pisau serbaguna ini agak sulit dibedakan dengan Pisau Koki. Namun kalau kamu lihat aslinya, kamu dapat membedakannya dengan jelas karena bentuknya yang relatif lebih kecil dibanding Pisau Koki.

Itulah beberapa pisau standar yang paling populer dalam dunia masak-memasak. Masih ada banyak jenis pisau dapur yang tersedia seusai fungsinya. Misalnya beberapa pisau yang lazim digunakan dalam memotong daging.

Juga ada beragam pisau yang digunakan dengan fungsi yang sangat khusus, misalnya pisau untuk membuat fillet. Juga Boning knife untuk memisahkan daging dengan tulang-tulangnya.

Yang kita bahasa baru yang standar aja nih Guys…masih banyak jenis pisau dapur untuk Meatlovers  dan kebutuhan yang lebih spesifik di dapur. Lain kali kita bahas jenis pisau dapur yang lain.