Hard Drive : Riwayatmu Dulu dan Kini

WHAT`S UP
mading
Photo: bitrebels.com

Dokumen, foto, dan video semakin banyak Guys? Maka, bersyukurlah kalau kamu masih bisa menyimpannya dalam hard drive mu. Baik yang ada di desktop, laptop, atau mungkin yang dalam bentuk portable. Lakban kali ini akan mengajak kamu dalam perjalanan kilas balik sejarah hard drive.

Banyak diantara kamu yang hidupnya tidak terlepas dari komputer. Apalagi sekarang komputer sudah ada dalam bentuk tablet, android, smartphone, bahkan smartwatch. Tetapi, apa yang kita nikmati hari ini punya sejarah panjang. Dan kelak, kita juga akan menyaksikan betapa jadulnya teknologi yang kita pakai hari ini.

Termasuk dalam urusan menyimpan data. Salah satu penyimpan data yang dianggap mampu menyimpan data relatif besar adalah hard disk. Dan hard disk generasi awal sungguh mahal. Hanya untuk 5MB, harganya 10.000 US Dollar. Itu di tahun 1956. Dan saat itu, 5MB serasa bisa menyimpan seluruh data kita seumur hidup.

Harga media penyimpanan selalu turun. Sementara kita terus mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan pada harddisk kita dan harga terus turun kita akan melihat efeknya, efek positifnya.

Sebagai contoh, pada tahun 1980, IBM memperkenalkan sebuah hard drive, yang disebut IBM 3380, yang merupakan hard drive pertama yang menyimpan data 1 GB. Harganya 40.000 US Dollar. Wah, gimana ya. Itu kan gak kurang dari 500 juta kalau dirupiahkan. Masak kita beli hard disk seharga rumah. Atau mobil kelas menengah. Dengan kata lain, buat kebanyakan orang masih gak kebeli.

Saat ini, harddisk kita bisa menampung beberapa terabyte yang masih dikemas dalam wadah kecil. Sesuatu yang mungkin kamu  rasa sepele hari ini. Padahal, kalau kamu terlibat di dalamnya atau menyelami perjalanan dan upaya yang dilakukan para pakar yang terlibat di dalam riset dan pengembangan hard drive, sungguh sangat luar biasa. Disk atau piringan yang disimpan di dalam hard drive terbatas jumlahnya. Agar ukuran hard drive sekecil mungkin.

Sebuah infografis yang sangat menarik yang dipresentasikan oleh UC Berkeley Master Data Informasi dan Ilmu Pengetahuan yang disebut Data Size Matters. Infografis itu memperlihatkan upaya keras dan luar biasa yang dilakukan para ilmuwan dan insinyur terkait untuk meningkatkan kapasitas hard drive.

Dibutuhkan waktu 11 triliun tahun untuk mendownload semua informasi yang tersedia dan "tersimpan" di Internet saat ini, yaitu seukuran 1 yotbabyte. Itu kalau koneksimu adalah koneksi broadband berkecepatan tinggi? Di situlah termasuk potensi pengelolaan Big Data menjadi bagian dari bisnis masa depan.

Jadi hargai apa yang sudah dilakukan para ilmuwan dan insinyur. Juga para pengusaha dan pengambil kebijakan publik yang menback-up penelitian mereka. Hingga kamu bisa bekerja dan menyimpan data mu dalam hard drive yang semakin simpel, semakin aman, dan semakin besar kapasitasnya.