Sharing Economy Penginapan lewat Air BnB

WHAT`S UP
#TrendingNow
Photo: (c) airbnb

LAKEYBANGET- Travelling atau jalan-jalan menjadi salah satu kebutuhan yang semakin dibutuhkan penduduk dunia. Apalagi bagi mereka yang memang memiliki kesempatan dan bekal yang cukup. Nah, tetap saja kamu perlu referensi akomodasi yang nyaman dan murah. Murah dalam arti kualitasnya sesuai dengan uang yang harus kita keluarkan.

Sharing economy tak hanya dalam sektor transportasi. Akomodasi atau penginapan juga disentuh teknologi digital dan internet hingga memunculkan fenomena Air BnB yang luar biasa.  Pada 2017, jumlah pemilik penginapan di Indonesia yang bekerjasama dengan Air BnB meningkat 37 persen yaitu 8.920 orang. Sebanyak 44 persen di antaranya adalah perempuan dengan rata-rata pendapatan Rp 33,8 juta atau total Rp 670 miliar.

Rilis Air BnB seperti dikutip phinemo.com menyebutkan bahwa sepuluh tahun yang lalu, para pendiri Airbnb Brian Chesky dan Joe Gebbia memasang 3 airbeds di apartemen mereka di San Francisco dan memulai apa yang telah menjadi fenomena global dalam industri wisata. Saat ini, Airbnb adalah salah satu platform akomodasi terbesar di dunia dengan 4,5 juta tempat tinggal di 81.000 kota. Selama 10 tahun terakhir, tuan rumah Airbnb telah memperoleh lebih dari US$ 41 miliar dan para tamu telah menggunakan Airbnb lebih dari 300 juta kali.

Air BnB ini berhasil melakukan branding. Foto-foto properti yang mereka tawarkan untuk disewakan pengguna sangat bagus dan menarik. Hal itu menggugah keinginan atau minat para pengguna untuk menggunakan fasilitas yang ditawarkan.

Mereka juga menggunakan media sosial yang saat ini memiliki pengguna yang sangat luas. Instagram, FB, dan Twitter misalnya. DI instagram, disamping foto dan video yang menarik, juga ditampilkan kisah atau pengalaman yang menggugah. Di situsnya ada 3 layanan utama yang disediakan air bnb yaitu rumah, pengalaman, dan restoran.

Layanan Rumah. Untuk mencoba layanan di Indonesia kamu akan diarahkan ke airbnb.co.id. Lalu ada peta yang bisa membantu kamu menuju ke lokasi yang lebih spesifik, di sana akan terlihat petunjuk harga di beberapa lokasi. Kamu bisa memilih kamar pribadi, kamar bersama, atau satu rumah.

Air BnB berekspansi ke Restoran, namun tidak ke layanan tiket penerbangan atau transportasi. Kamu bisa memilih resto dengan menu dan suasana sesuai keinginanmu. Lalu kamu memesan tempat di restoran tersebut dengan tanggal tertentu. Di menu type of meal kamu mendapati 3 pilihan pembayaran di muka agar kamu bisa memastikan seat kamu. Terutama di resto yang laris dan sering penuh apalagi untuk momen weekend atau liburan.

Di menu Guest kamu dapat memesan jumlah seat untuk dewasa dan anak. Sementara di menu type of day kamu mendapatkan pilihan waktu makan, apakah breakfast, brunch, lunch, atau dinner.

Paket Pengalaman menarik untuk mengikuti berbagai event juga ditawarkan. Misalnya paket membuat eskrim, les dansa, sampai cara membuat topi. Kamu bisa mendaftar untuk ikut dalam event itu. Waktu dan tempatnya telah ditentukan. Siapa instruktur atau pemandunya, juga apa yang akan dilakukan selama kegiatan itu. Berbagai pengalaman menarik yang unik bisa terselenggara. Selama ini banyak hal unik yang tidak bisa dibagi kepada orang lain karena kesulitan publikasi.

Untuk paket pengalaman ini di air bnb Indonesia masih didominasi oleh tawan dari Bali. Dari paket memasak bersama petani Bali, bersepeda, selancar, agrowisata, meditasi, hingga les tari Bali.

Nah, ini akan jadi referensi menarik buat kamu agar jalan-jalanmu bisa semakin menyenangkan.