Menuangkan Gagasan Kreatif

WHAT`S UP
mading
Photo: collage

Mengasah kreatifitas sangat penting dalam hidupmu. Apalagi untuk persiapan di masa yang akan datang di saat kreatifitas mendapat tempat yang semakin dihargai. Kreatifitas pada dasarnya diperlukan di  semua bidang. Hanya saja semua ada takaran dan batasannya.

Ada banyak tips untuk mengasah kreatifitasmu. Kali ini LakBan akan menyajikan rangkuman dari pengalaman beberapa narasumber yang bekerja di beragam profesi tentang kreatifitas ini. Selebihnya kamu bisa merumuskan dan menajamkannya sendiri.  

Berikut tips LakBan untuk kamu, apapun minat dan bakatmu.   

Membuat Outline atau Proposal Singkat

Ini tak hanya terkait dengan tulis menulis. Kamu bisa belajar menuangkan gagasanmu dalam bentuk outline atau garis besar ide. Apa latar belakang dan apa tujuannya. Bagaimana KOnsep dasarnya dan cara mewujudkannya. Semacam proposal yang bisa membuatmu berfikir secara sistematis dan terukur. Cukup 1 sampai 2 halaman saja. Semakin efisien dalam penggunaan kata atau kalimat akan semakin baik.

Menggambar sketsa

Menggambar sketsa atau rancangan gagasan kreatif adalah salah satu cara paling efektif dalam mengembangkan gagasan kreatif. Kemampuan menggambar ini sangat penting untuk membantu imajinasi kita berkembang. Ada interaksi antara apa yang kita gambarkan dengan imaji yang terbentuk di kepala kita.

Kamu bisa membuat sketsa secara manual. Bisa pula membuat dengan bantuan komputer.Sekarang ada banyak software atau aplikasi yang bisa membantumu membuat sketsa. Misalkan sketch-up.

Mencari referensi

Referensi penting, sama dengan orisinalitas ide. Amati-Tiru-Modifikasi juga tidak dilarang. Karena dalam modifikasi ada unsur kreatifitas. Pada dasarnya tidak ada sesuatu yang benar-benar baru, namun kreatifitas akan membuat sesuatu menjadi nampak baru.

Pengalaman dan pencapaian orang lain bisa menjadi inspirasi buatmu, juga tantangan untuk menyempurnakan karya mereka sesuai dengan tuntutan zaman. Gagasan bisa kamu cari di pinterest atau web lainnya.

Mendiskusikan dengan teman

Beberapa penemu dan pengusaha muda sukses mengawali upaya mereka bersama partner atau teman yang memiliki minat yang sama dengan mereka. Kreatifitas bisa tercipta karena ada partner yang bisa memberi pandangan dan pertimbangan.

Obrolan asyik yang bermanfaat untuk menggagas sesuatu mungkin tercipta sambil ngopi atau hangout bareng teman.

Membuat model atau protoype

Yang ini berlaku untuk beberapa gagasan yang menraha ke produk. Desain produk yang bagus akan sangat bernilai di masa depan. Hingga kamu yang punya kompetensi dan bakat untuk membuat desain produk bisa diapresiasi banyak orang.

Melakukan uji coba

Uji coba gagasanmu yang sudah tertuang dalam model atau prototype. Kelemahan dan keunggulannya bisa dilihat. Kelemahannya bisa diperbaiki. Keunggulannya bisa diptimalkan. Eksperimen lah, kalau meminjam tahapan berfikir ilmiah atau riset. Tentu tergantung bentuk kreatifitasmu.

Menyempurnakan gagasan

Sempurnakan gagasanmu hingga menjadi masterpice. Wujudkan kreatifitasmu di bidang yang paling kamu minati. Orang kreatif harus punya portofolio. Jangan hanya ada gagasan yang terpendam di kepala dan saat orang lain mewujudkannya kamu bilang “Ah, aku sudah memikirkan itu beberapa waktu lalu!”

Nah, ini tips untuk kali ini kamu dari LakBan agar kamu bisa mengasah kreatifitasmu. Semoga bermanfaat ya..