Melirik Jurusan Desain Produk

WHAT`S UP
mading
Photo: instagram

LAKEYBANGET- Mungkin kamu belum begitu mengenal program studi ini. Bagi kamu yang tengah menempuh kelas 12 di SMU atau SMK, ada baiknya kamu melirik jurusan yang satu ini. Untuk membuat produk yang inovatif program studi ini diselenggarakan. Di jurusan ini, kamu  akan belajar membuat produk-produk yang nyaman digunakan, indah dipandang, dan ekonomis.

Desain industri adalah seni terapan di mana estetika dan usability (kemudahan dalam menggunakan suatu barang) suatu barang disempurnakan. Sehingga prinsip-prinsip ergonomis digunakan dalam mendesainnya. Sebagian para ahli menerjemahkan Industrial Design dengan desain produk.

Desain Produk adalah sebagai alat manajemen untuk menerjemahkan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilakukan sebelum menjadi rancangan yang nyata yang akan diproduksi dan dijual dengan menghasilkan laba. Desain produk bisa dimaknai menjadi sebuah proses dalam menciptakan produk baru yang rencananya akan dijual untuk masyarakat luas.

Jenis - jenis desain produk ada bermacam-macam. Pada dasarnya desain produk terbagi menjadi dua bagian yaitu : (a) mendesain produk yang benar - benar baru. yaitu membuat rancangan dan sketsa baru yang belum pernah ada pada desain sebelumnya. (b) mendesain atau memodifikasi produk yang sudah ada (redesign) atau melakukan pengembangan terhadap desain produk yang sudah ada.

Berdasarkan beberapa pengertian desain produk tersebut ternyata bahwa desain produk mempunyai maksud dan tujuan untuk membantu perusahaan dalam menciptakan dan mengembangkan produk baru atau untuk menjamin hasil produksi yang sesuai dengan keinginan pelanggan disatu pihak. Serta dipihak lain untuk menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

Maksud desain produk Untuk menghindari kegagalan - kegagalan yang mungkin terjadi dalam pembuatan suatu produk, Untuk memilih metode yang paling baik dan ekonomis dalam pembuatan produk, Untuk menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat, menghitung biaya dan menentukan harga produk yang dibuat, mengetahui kelayakan produk tersebut apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih perlu perbaikan kembali

Desain produk berbentuk konsep dan evaluasi ide yang kemudian diubah menjadi suatu penemuan mata yang mengenai sebuah produk.Desain industri menghasilkan kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna atau garis dan warna atau gabungannya, yang berbentuk 3 atau 2 dimensi, yang memberi kesan estetis, dapat dipakai untuk menghasilkan produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya, sehingga dilindungi hak ciptanya oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri

Dimana kamu punya prospek bekerja bila lulus? Kamu bisa bekerja di perusahaan atau unit-unit kerja yang membutuhkan inovasi produk. Prospek jurusan ini akan semakin cerah di masa-masa mendatang. Kebutuhan inovasi akan sangat menentukan dalam kompetisi antar produsen. Kamu juga bisa bekerja secara mandiri atau menjadi wirausahawan.

Ada tiga kategori utama profesi yang dapat kamu tekuni kelak, yaitu :

Kalau kamu bekerja di perusahaan atau dalam satu unit kerja maka kamu dapat menjadi Industrial designer (desainer yang bekerja secara teamwork dan lintas disipilin dalam suatu libang industri). Kalau kamu berwirausaha atau membangun strat up bisnis sendiri maka kamu dapat menjadi Industrial design entrepreneur . Kamu dapat mendesain produk yang dibutuhkan masyarakat dan memproduksinya.. Jika kamu punya passion di riset produk maka kamu dapat menjadi Industrial design researcher (peneliti, konsultan ahli di bidang desain produk industri).

Universitas yang menyelenggarakan Program studi Desain Produk adalah ITB, ITS, Universitas Trisakti, UPH, dan Universitas Paramadina.

Di ITB, Jurusan Desain Produk menyediakan beberapa pilihan keilmuan seperti Desain Produk Peralatan & Produk Konsumen, Desain Sarana/ Perkakas Lingkungan, Desain Alat Transportasi, Desain Digital dan Desain Kerajinan.

Desain Produk Peralatan & Produk Konsumen merupakan bidang keilmuan yang akan berkecimpung dalam pembuatan produk peralatan & produk konsumen. Berdasarkan nama yang digunakan produk-produk yang dihasilkan lebih dekat dengan aktivitas manusia sehari-hari. Biasanya produknya dibuat secara massal.  

Desain Sarana/ Perkakas Lingkungan menjadi pilihan tersendiri. Ilmu atau mata kuliah yang terkait lingkungan tentu saja membutuhkan perhatian khusus. Produknya bisa dibuat secara massal ataupun berdasarkan pesanan dalam jumlah terbatas. Seperti juga desain produk alat transportasi dan kerajinan. Biasanya desainnya dibuat untuk kebutuhan khusus.

Nah, buat kamu yang mau memutuskan untuk kuliah atau memperdalam keilmuan ini kamu bisa pertimbangkan masukan LakBan kami ini.

Kelak kalau kamu sudah jadi desainer produk jangan lupa ya untuk sharing ilmu dan pengalamanmu!