LINE : Aplikasi Anak Muda

WHAT`S UP
Mainan Lakey
Photo: logo LINE

POPULARITAS aplikasi Whattsap memang masih menempati posisi tertinggi di antara aplikasi messengger lainnya. Namun, semua punya kelebihan dan kekurangannya. Dan semua ada masanya. Inovasi baru akan mendisrupsi segala yang lama dan menggantikannya. Dan tetap ada ceruk bagi para pesaing dengan kelebihan tertentu. Salah satu pesaing itu adalah LINE yang telah tersebar di 23 negara.  

Di Indonesia aplikasi yang dikembangkan perusahaan Jepang ini  digunakan oleh 90 juta orang dengan 80% diantaranya adalah pengguna aktif. LINE banyak digunakan oleh anak muda. Penggunanya sempat melambung di paruh pertama 2017. Namun di akhir 2017 jumlah penggunanya sempat merosot. Namun, hingga kini LINE masih tetap eksis. Salah satu kekuatan utama LINE adalah sticker dan emoji yang mampu mewakili perasaan anak-anak muda ketika bercengkerama di dunia tukar pesan daring.

Kelebihan aplikasi LINE ada beberapa. Grup LINE dapat menampung hingga 100 member, jumlah ini lebih dari cukup karena pada dasarnya anggota grup hanyalah anggota dari orang-orang yang kamu kenal seperti komunitas dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menelepon orang lain tanpa harus membayar dengan pulsa. Kamu cukup terhubung ke internet sudah dapat menikmati layanan free call ini.



LINE juga menggunakan nomor telepon sebagai nomor identitas dari akun kamu. Jadi kamu tidak perlu membuat lagi, tinggal menggunakan nomor ponsel kamu sebagai nomor kontak LINE. Untuk masalah Add friend kamu bisa menggunakan QR code yang bisa anda buat dengan gratis di aplikasi LINE. Dalam menggunakan pesan teks anda bisa menggunakan emoticon dimana emoticon yang tersedia disini sangat banyak sekali untuk anda gunakan sehingga anda tidak akan kekurangan ekpresi.

Fitur yang sangat bermanfaat pada LINE adalah fitur Black List ID sehingga jika anda tidak menginginkan kontak yang tidak anda inginkan bisa di block. Aplikasi ini juga dapat digunakan di PC sehingga bagi anda yang belum memiliki android anda bisa menggunakan di komputer atau laptop.

Kekurangan aplikasi lain juga ada. Dalam mengirim maupun menerima data pada aplikasi LINE belum stabil, tidak sebaik aplikasi lainnya seperti WhatsApp. Ketika menggunakan fitur Call akan berjalan baik jika minimal menggunakan data 3G/HSDPA. Ukuran aplikasi yang cukup besar sehingga mempengaruhi kinerja dari aplikasi LINE dan juga aplikasi lainnya yang terinstall pada ponsel android anda. Jika ponsel anda memiliki kapasitas yang cukup terbatas alangkah baiknya anda hapus dulu aplikasi yang ada di ponsel anda yang jarang digunakan