Fakta tentang Sekolah Pelayaran di Amerika

WHAT`S UP
#TrendingNow
Photo: usmma campus (c) gcaptain.com

SEKOLAH Pelayaran di AS yang populer adalah United States Merchant Marine Academy (USMMA). Sekolah Pelayaran ini adalah salah satu sekolah legendaris di dunia. Banyak pelaut dan SDM Pelayaran yang sudah dihasilkan dan berkiprah membangun dunia pelayaran AS dan berkontribusi juga bagi perkembangan dunia pelayaran secara internasional.

Berikut beberapa fakta yang diungkap Lakban dari berbagai sumber. Simak ya Guys!

Pertama, rasio pengajar dan taruna 12 : 1. Ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pengawasan di sekolah ini sangat memadai. Bimbingan para pengajar intensif hingga pembentukan taruna dari aspek kepribadian, pengetahuan, dan keterampilan bisa terpenuhi. 

Yang kedua, adalah lahan dan infrastruktur yang memadai. USMMA terletak di atas lahan seluas 82 acre atau 33 hektare. Di lahan itu berdiri 28 bangunan yang terdiri dari kantor, ruang belajar, asrama, aula, dan berbagai bangunan lainnya. Fasilitas waterfront yang luas, lebih dari 100 kapal latih dan perahu melengkapi akademi ini.

Yang ketiga, jurusannya antara lain transportasi laut, teknika, sistem permesinan kapal, Manajemen Mesin dan Galangan Kapal, Pengoperasian dan Teknologi Maritim, Logistik dan Transportasi antar moda. Pilihan program studi atau jurusan cukup lengkap dan memberi opsi bagi para taryna untuk mengambil spesialisasi.  

Yang keempat, model pendidikan semi militer dengan regiment life atau barrack life. Tahap awal ada proses indoktrinasi, rambut semua taruna pria dipangkas plontos. Mereka juga akan menjadi perwira cadangan pertahanan negara. Hal ini agak berbeda dengan banyak akademi pelayaran di Eropa yang lebih mirip kuliah di perguruan tinggi lainnya. Bahkan banyak di antara akademi pelayaran yang tidak berasrama.  

Yang keeempat, ada tradisi membunyikan bel di tiang Powell Oval setelah mereka lulus ujian US Coast Guard. Tradisi ini menandai kesuksesan mereka dalam menyelesaikan pendidikan di akademi yang terkenal dalam membangun disiplin dan profesionalitas para pelaut. Kebanggaan, luapan kegembiraan, dan keharuan mewarnai suasana ritual unik ini.



Yang kelima adalah USMMA lebih dikenal dengan sebutan Kings Point. Letaknya di Kings Point, Long Island, 20 mil sebelah timur New York. Kalau akademi militernya dikenal dengan West Point. Nama atau sebutan yang tidak resmi dan menunjuk tempat suatu akademi semakin populer. Penyebutan Kings Point juga lebih simpel, mudah diingat, dan lebih keren ya Guys?

Nah, kamu yang ingin sekolah di SMK Pelayaran atau akademi pelayaran dapat membandingkannya dengan sekolah serupa yang ada di Indonesia. Dan kamu bisa mengambil sisi-sisi baiknya untuk dikembangkan bila kamu menjadi siswa atau taruna pelayaran. Hingga akhirnya kamu bisa menjadi pelaut atau perwira pelayaran yang tangguh dan profesional.