Mobile Payment : Antara QR Payment dan NFC Payment

WHAT`S UP
mading
Photo: ilustrasi NFC

PERKEMBANGAN penggunaan e-payment atau mobile payment  semakin meningkat. Keamanan data transaksi sudah semakin baik, relatif lebih baik daripada penggunaan debit card atau credit card. Dan tentu saja kemudahan yang diberikan kepada penggunanya. Masyarakat bergerak ke arah cashless society atau transaksi non-tunai.  

Teknologi QR payment dan NFC payment memungkinkan terselenggaranya sistem pembayaran digital ini. Mudah, murah, cepat dan aman menjadi kunci dari teknologi ini. QR singkatan dari Quick Respon. Sementara NFC singkatan dari Near Field Communication. QR Code selama ini telah banyak digunakan untuk berbagai tujuan sebelum digunakan sebagai basis sarana pembayaran online. Awalnya digunakan dalam industri manufaktur untuk menandai barang-barang dan peralatan pabrik.  

Bagaimana memahami QR Code secara sederhana? QR Code adalah pengembangan dari Barcode (teknologi untuk menyimpan data dalam bentuk visual).  QR code adalah barcode dua dimensi yang bisa menyimpan data pengkodean lebih banyak di banding barcode. Kamera smartphone kamu dapat memindai QR code dan informasi yang ada di ddalamnya dapat menuntunmu untuk mengakses informasi tertentu.

    

Mungkin kamu perlu tahu apa beda antara NFC dengan bluetooh. Near Field Communication pada dasanya memang mirip bluetooh. Teknologi ini memungkinkan dua perangkat yang didekatkan dapat berbagi data. NFC berfungsi dalam jarak sangat dekat yakni tak lebih dari 10 cm. Sedangkan  bluetooth bisa dalam jarak hingga 10 meter.

Justru dengan keterbatasan jarak inilah NFC bisa lebih menghemat baterai ponsel sekaligus aman dimanfaatkan sebagai alat transaksi pembayaran online. 

Kemudahan apa yang diberikan ? Cukup memindai kode QR dengan aplikasi yang ada di ponsel, maka sejumlah tagihan Anda pun sudah terbayar. Kode QR ini biasa dikenal dengan barcode scanner, yaitu suatu kode yang bisa dibaca oleh sistem disebut NFC (Near Field Communication/komunikasi jarak dekat).

Berikut tahapan QR Payment secara umum:

  1. Unduh aplikasi mobile banking atau e-wallet
  2. Buka aplikasi yang terinstall di smartphone tersebut
  3. Pilih menu yang pembayaran dengan QR
  4. Lanjutkan dengan memindai (scan) QR Code yang tertera pada struk pembelian
  5. Berikutnya akan ada konfirmasi bahwa transaksi pembayaran selesai
Di negara mana saja telah menggunakan mobile payment secara massif? Amerika Serikat, China, dan India telah menerapkan pembayaran elektronik dengan QR dan NFC ini dalam keseharian. Bahkan diviralkan video pengemis di China yang menerima sedekah dengan menawarkan QR Code ini. 

Di Indonesia aplikasi Sakuku dan T-Cash telah menjadi pelopor dalam sistem pembayaran ini. Dengan diterapkannya Gerbang Pembayaran Nasional, maka diharapkan transaksi elektronik menggunakan teknologi ini akan menjadi sistem yang terbuka. Ini berarti pembayaran tidak hanya terbatas pada merchant yang telah bekerjasama dengan bank atau aplikasi tertentu.   

Sistem pembayaran ini juga akan memberikan opsi top-up atau pengisian saldo maupun terhubung langsung dengan rekening seperti kartu debit. Saat ini dompet elektronikdi Indonesia masih menggunakan metode top-up saldo.