5 Faktor Paling Menentukan Suksesnya Start-Up : No. 1 Bikin Kaget

WHAT`S UP
mading
Photo: Bill Gross (c) youtube


BILL GROSS adalah pendiri Idealab yang memiliki ratusan perusahaan. Bill Gross menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan sebuah start up atau bisnis baru yang sukses dan gagal. Analisisnya ini melibatkan 200 perusahaan, baik yang ada di bawah Idealab maupun di luar. 

Gross memang kuat urat dagangnya. Sejak SMP ia sudah berjualan permen di halte sekolah. Suatu langkah kecil yang membentuk mentalitas bisnisnya. Langkahnya dalam mengembangkan ide dan kemampuan bisnis terus berlanjut. Saat SMA, ia telah berbisnis panel surya. Dan saat kuliah ia telah masuk ke bisnis pengeras suara  dan saat lulus ia telah berada di bisnis perangkat lunak.
Perjalanan panjangnya membuktikan motivasi yang kuat dan konsistensi dalam meraih pencapaian dalam bisnis. Tak heran kalau Gross kemudian sangat mendorong banyak kalangan muda untuk membangun start-up bisnis melalui perusahaan miliknya, Idealab. 

Setelah melakukan kajian atas ratusan perusahaan, Gross menyimpulkan bahwa ada 5 faktor teratas yang menenetukan sebuah start-up akan berhasil. Kelima faktor itu adalah Ide, Tim atau Eksekusi, Timing, Model Bisnis, Dan Pendanaan. Awalnya, ia mengasumsikan bahwa ide menempati peringkat pertama dalam kesuksesan sebuah bisnis, hingga ia sendiri menamai kelompok usahanya dengan brand Idealab. 

Jadi, pertama, dari perusahaan Idealab, lima perusahaan teratas yaitu : Citysearch, CarsDirect, GoTo, NetZero, Tickets.com.  Semuanya meraih sukses milyaran dolar. Dan lima perusahaan terbawah  yaitu Z.com, Insider Pages, MyLife, Desktop Factory, Peoplelink  yang  sangat menjanjikan, tapi  tidak sukses. Jadi Gross  memberi peringkat masing-masing perusahaan berdasarkan faktor-faktor tadi. Lalu, bagi perusahaan non-Idealab, ia mencari perusahaan yang sukses besar, seperti Airbnb dan Instagram dan Uber dan Youtube dan LinkedIn.

Dan beberapa yang gagal seperti Webvan, Kozmo, Pets.com Flooz and Friendster. Perusahaan terbawah punya banyak dana, beberapa bahkan punya bisnis model, tapi tidak berhasil. Gross coba melihat faktor apa yang paling berpengaruh bagi kesuksesan dan kegagalan mereka, dan hasilnya sangatlah mengejutkan.

Namun dalam risetnya, ide menampati urutan ketiga. Walaupun sangat penting, ide bukanlah faktor utama yang menentukan. Banyak ide bisnis yang bagus namun tidak bisa melejit menuju tangga sukses. Lalu apa yang menentukan dalam sukses atau gagalnya sebuah start-up?  Yang paling berpengaruh adalah timing atau waktu. Waktu yang tepat untuk meluncurkan start-up berperan sebesar 42 persen dalam menentukan sukses dan kegagalan. Tim dan eksekusi adalah yang kedua, dan ide (ide yang lain dari yang lain, keunikan sebuah ide) berada di peringkat ketiga.