Edukasi Pasar Modal Syariah Ala UHAMKA untuk Para Milenial

WHAT`S UP
Milenial
Photo: Siswa SMK Ashabulyamin bersama perwakilan sekolah dan FEB Uhamka

LAKBAN - Senin (14/5/2018), SMK Ashabulyamin Cianjur sedikit berbeda dari biasanya. Ada energi keceriaan plus optimisme yang bertambah dari civitas SMK Ashabulyamin.

Boleh jadi ini efek positif dari kegiatan Workshop Pasar Modal Syariah yang diadakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA di SMK Ashabulyamin Cianjur. Selain disampaikan dengan bahasa anak muda zaman now, kegiatan ini memang disetting dengan format yang fun, inspiring namun tetap edukatif.

Tujuan utamanya adalah memberikan literasi seputar investasi syariah kepada generasi milenial di Kota Cianjur. Hal ini mengingat perkembangan pasar modal syariah sudah secara digital mampu diakses kalangan muda dengan mudah.

Acara yang diadakan di Aula SMK Ashabulyamin Cianjur dan dihadiri 75 siswa SMK ini dibuka oleh perwakilan SMK Ashabulyamin, yaitu Rahmi Syauqi Ilahi. Dalam sambutannya alumni UIN Syahid Jakarta ini memberikan arahan kegiatan dan apresiasi bagi kegiatan acara ini.



Dalam paparannya pemateri Zulpahmi memberikan pemahaman akan pentingnya maqasid syariah dari akad yang akan dilakukan dalam transaksi pasar modal syariah.

“Generasi millenial hari ini bagian terpenting dari generasi selanjutnya. Untuk itu perlunya pemahaman akan akad secara syariah dalam pasar modal. Jangan sampai mereka tidak paham akan transaksi yang bersifat gharar dan maysir.” Jelas Zulpahmi, Wakil Dekan I FEB-HAMKA dalam acara tersebut.

Saat ini yang lebih banyak masuk investor baru mahasiswa dan kalangan muda. Jadi generasi millenial seperti kalangan siswa SMK dirasa perlu edukasi agar mampu masuk di pasar modal.

Kendati demikian, lanjut pemateri selanjutnya Meita Larasati, acara yang digelar ini bertujuan untuk menambah investor baru di pasar modal syariah selain menarik minat generasi muda.

“Menarik investor baru sangatlah penting apalagi kalangan siswa SMK harus mampu membaca perkembangan ekonomi syariah dalam hal ini pasar modal syariah," ujar Meita, dosen FEB-UHAMKA.

Hal lainnya disampaikan pemateri Edi Setiawan terkait pentingnya memberikan sosialisasi dan edukasi tentang perencanaan dalam memilih investasi produk pasar modal dari saham syariah, reksadana dan sukuk. “Dimana hasil dari output workshop ini mampu memberikan pemahaman akan pentingnya investasi sejak dini.” Jelas Edi Setiawan yang juga Sekretaris Prodi Manajemen FEB-UHAMKA.