Fakta tentang Jurusan Logistik yang Kamu Harus Tahu

WHAT`S UP
mading
Photo: (c) hotcourses,id

LAKBAN- Buat kamu yang sudah lulus SMU atau SMK ada beberapa pilihan jurusan yang Lakban rekomendasikan untuk kamu pertimbangkan dalam menempuh jenjang pendidikan tinggi. Kali ini Lakban akan mengupas tentang jurusan Transportasi dan Logistik. Prospeknya cukup bagus. Kamu bisa menjadi Ahli Logistik, Manager Logistik, Analis Logistik, atau Manajer Gudang dan Distribusi.

Saat ini kita mulai merasakan pentingnya peran tenaga logistik. Dari kurir hingga top managernya. Barang yang kita butuhkan bisa sampai ke tangan kita dengan aman dan cepat. Demikian pula bila kita mengirimkan barang kita ke alamat tujuan. Nah, peran transportasi dan logistik sangatlah penting dalam proses kamu meng-order barang, tracking pesanan, hingga barang diantar dengan selamat ke rumahmu.

Betapa krusialnya peran bidang ini dapat kamu lihat dalam program yang dicanangkan pemerintah. Tol Laut, Poros Maritim, dan pembangunan infrastruktur bandara,  pelabuhan, dan jalan raya mengarah pada urgensi bidang ini. Ekonomi suatu negara akan tumbuh dan menjadi kompetitif bila transportasi dan logistiknya mendukung. Denyut ekonomi akan tumbuh seiring layanan yang semakin prima.

Transportasi dimaksudkan sebagai kegiatan dalam memindahkan penumpang atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Penjual dan pembeli bisa bertranskasi dengan berbagai cara, namun barang harus sampai dengan cepat dan aman. Kelangsungan hidup dan pengembangan dari bisnis dan perdagangan bergantung pada mobilitas geografis, dan pengetahuan akan sistem transportasi merupakan kunci dalam pemahaman ini.

Disebabkan oleh perkembangan teknologi saat ini dan meningkatnya kesadaran akan perhatian terhadap lingkungan, keberlangsungan sistem transportasi juga menjadi perhatian sosial utama. Industri transportasi selalu berubah untuk mengikuti kebutuhan tersebut, itulah mengapa ilmu transportasi menjadi hal yang sangat menarik. Dengan perkembangan teknologi digital, kecepatan layanan transportasi dan efisiensi dalam manajemen logitik terus meningkat.

Program studi ini  boleh dibilang belum akrab di telinga khalayak di Indonesia. Manajemen Logistik mempelajari tentang bagaimana melakukan perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap aliran uang, barang, energi, dan informasi, dan sumberdaya lainnya agar berjalan efisien dari asal hingga ke tujuan, mulai dari kegiatan pengadaan, penyimpanan, penyediaan, pengangkutan, hingga pengemasan barang-barang atau bahan baku tersebut.

Di program studi ini akan di pelajari bagaimana tata letak gudang yang baik, sehingga dapat memaksimalkan kapasitas lahan dan meminimalisir kerusakan barang atau bahan baku yang tersimpan. Disini juga akan dipelajari bagaimana menghitung ongkos logistik, sistem bisnis logistik, dan sistem informasi logistik.

Indonesia masih sangat kekurangan SDM yang berkecimpung di bidang logistik. Padahal ruang lingkup logistik Indonesia sangat luas. Pastinya hal ini membuat peluang karir di bidang logistik menjadi salah satu yang berjaya di Indonesia. Ditambah lagi dengan banyaknya jenis komoditas di Indonesia. Contohnya antara lain adalah komoditas perikanan, kelapa sawit, dan lain-lain.

Ruang lingkup logistik sangat besar. Hampir tiap perusahaan terlibat dalam kegiatan logistik. Contohnya saja perusahaan ekspedisi atau pengiriman, berbagai pabrik, hingga perbankan. Logistik erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi negara. Karena itu ilmu logistik penting untuk dipelajari agar dapat menghasilkan SDM berkompeten di bidang ini.

Gimana Guys, apa kamu berminat?