Fakta Gila tentang Mesin Kapal Terbesar Saat Ini

WHAT`S UP
mading
Photo: (c) archieve.org

LAKBAN- Buat kamu yang berminat pada profesi pelaut, informasi ini bisa membangun imajinasi dan motivasimu. Dunia pelayaran didukung para masinis atau ahli teknika yang memahami cara kerja dan perawatan mesin-mesin kapal super besar.

Salah satu mesin kapal terbesar saat ini adalah  mesin 2-tak Wartsila-Sulzer RTA96-C turbocharged. Ini adalah mesin paling kuat dan paling efisien di dunia saat ini. Bayangkan, crankshaft atau poros-engkol seberat 300 ton berputar pada kecepatan 102 rpm ketika menghasilkan daya maksimum.

Berapa tenaga yang dihasilkan mesin ini? Mesin ini dirancang untuk menyediakan kekuatan penggerak untuk berbagai supertanker dan kapal kontainer, itu datang dalam 6 silinder in-line melalui versi 14 silinder kekalahan. Lubang silinder adalah 38 inci dan stroke hanya lebih dari 98 inci. Setiap silinder menggantikan 111.143 kubik inci (1820 liter) dan menghasilkan 7780 tenaga kuda.

Total transmisi mencapai 1.556.002 kubik inci (25.480 liter) untuk versi 14-silinder. Pada panjang 89 kaki dan tinggi 44 kaki, total berat mesin adalah 2300 ton - poros engkol saja beratnya 300 ton.

Mesin superbesar ini juga terbilang hemat karena dapat mencapai output daya maksimum 108.920 hp pada 102 rpm dan pada efisiensi termal yang menakjubkan sampai 50%. Itu berarti, lebih dari 50% energi dalam bahan bakar diubah menjadi gerak. Konsumsi Bahan Bakar Khusus Brake-nya (BSFC) dengan daya maksimum adalah 0,278 lbs / hp / jam.

Mesin tunggal / single desain baling-baling dan generasi baru kapal kontainer yang lebih besar diperlukan mesin yang lebih besar untuk mendorong.Sementara  konfigurasi mesin silinder untuk kapal kontainer skala besar mencapai  14, 16 dan 18 silinder. Mesin kecepatan rendah 14-silinder in-line adalah yang pertama untuk ditawarkan oleh desainer mesin.

Mesin diesel dual-stroke ini diproduksi oleh perusahaan Swiss Wartsila-Sulzer dan besar mesin diesel terbesar dan paling kuat di dunia saat ini. Kemampuan puncak mesin 14-silinder RTA96C sekarang melebihi 80 MW, sehingga cukup untuk satu-sekrup Post-Panamax kontainer kapal, Semua yang besar seperti liners kontainer akan mendapatkan mengingat efektivitas biaya mereka lebih besar.

Meskipun sejumlah besar daya yang dihasilkan oleh mesin ini, tingkat keausan rendah yang mengejutkan telah tercapai. Pemakaian cylinder liner silinder sekitar 0,03 mm / 1000 jam.

Bahan bakar ekonomis atau paling hemat adalah 0,260 lbs / hp / jam. Secara komparatif, kebanyakan mesin pesawat terbang dan kecil dapat mencapai angka BSFC dalam kisaran 0,40-0,60 lbs / hp / jam dan kisaran efisiensi termal 25-30%.