Ingatkah Dengan Mainan Ini ?

WHAT`S UP
Tuir
Photo: Mainan Jadul

Hei..hei..Bro and Sis kali ini Lakeybanget.com ingin mengulas beberapa mainan yang mungkin pernah kalian dimainkan saat masih unyu unyu, kali aja bisa nostalgia bersama Lakeybanget.com .

1. Congklak 

Siapa yang nggak pernah mainin permainan ini dapet dibilang 'masa kecilnya kurang bahagia', kenapa demikian, karena congklak ini adalah permainan yang sangat sederhana, bahkan dilantai aja bisa kalian mainin. Permainan ini memang sangat terkenal, dan meskipun notabenen sering disebut mainan anak perempuan, tapi laki-laki (yang feminim) juga sering main lo. Permainan ini hanya butuh 2 orang sebagai aktor yang nantinya akan mindahin biji-bijian dari lubang yang satu kelubang yang lainnya. 

 photo congklak_zps5rqenlws.jpg

2. Kelereng

Di tahun 80-an sampe sekarang, permainan ini sering menjadi latihan untuk masa tua. Dan mungkin diera ini, implementasi dari permainan ini sudah dpraktekkan oleh para orang tua dan guru di Indonesia. Ya, kelereng digunain buat latihan nyentil (nyentil telinga anak dan murid), sejarah nyentil telinga itu pun berasal dari pemainan yang satu ini kali ya. Permainan ini kalo masih inget, beraneka ragam caranya, mulai dari kejar-kejaran, bermain menggunakan pot (garis bentuk segitiga yag nantinya ditaruh kelereng dan disentl menggunakan kelereng jagoan masing-masing), dan banyak lagi, tergantung daerah masing-masing. Namun pada prakteknya, kelereng tetep menjadi 'alat berat' untuk melatih sentilan kalian dimasa yang akan datang. dimainkan satu orang atau lebih dengan cara bermainnya disentil menggunkan jari.

 photo main gundu_zpsou6vfvov.jpg

3. Bola Bekel

Latihan kecepatan, permainan ini sangat asyik sekali, dan memang sangat cocok dengan julukannya bahwa permainan ini adalah mainannya perempuan. Pada prakteknya, saat cewek dewasa, permaian bola bekel ini di gunain untuk melatih kecepatan mengambil uang pemberian suami. Permainan ini menggunakan biji-bijian/ keong kecil dan bola, dengan cara bola dipantulkan kelantai, biji-bijian ditabur di lantai. Sebelum bola berhenti mantul pemain harus mengambil biji biji bekel tersebut sampai bola itu berhenti berpantul, dengan waktu seperseikian detik (tapi masih cepet kilat).

 photo bekel_zpsyaf4xugm.jpg

4. Biji Karet

Dimainkan dengan cara diadu bertumpu diatas dan bawah lalu diberi pukulan dengan tangan dari atas, dengan tujuan untuk memecahkan biji lawan (biji karet lo ya, jangan ngeres). Siapa yang bijinya pecah duluan, berarti dia yang kalah.

 photo bijikaret_zps5nzx1rdj.jpg

5. Balon tiup

Bro and sis mungkin tahu mainan ini, sangat gampang sekali mendapatkannya, murah, dan tentunya menyebabkan bengek. Berbekal sedotan kecil, seperti gulali, balon ini ditiup dan perlahan membesar, terus dimainkan bersama teman-teman. Inget balon ini, pasti inget dimana harus menangis dulu merengek kepada orang tua agar dbelikan, atau suntuk karena nggak dibolehin keluar sama ortu, jadinya untuk menghibur diri, mainin balon ini didalem rumah sendirian. 

 photo balontiup_zpsujpsa9w4.jpg

6. Perahu Klotok 

Kenapa disebut perahu klotok? karena perahu ini dimainkan dengan cara dibakar atau dipanaskan bagian dalamnya sehingga bisa berjalan di air dan mengeluarkan bunyi Tok..Tok..Tok..Tok. Namun perahu ini bukan sodaranya Bir plotok ya, namun dalam silsilah keluarga mungkin ada hubungan, namun sangat jauh sekali.

 photo prahuminyak_zpsvfeprzmh.jpg